DetikNews
Senin 22 April 2019, 18:59 WIB

3 TPS di Kota Yogya Direkomendasikan Coblosan Ulang

Usman Hadi - detikNews
3 TPS di Kota Yogya Direkomendasikan Coblosan Ulang Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta, Agus Inharto. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta, Agus Inharto, menjelaskan pihaknya merekomendasikan KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) tiga TPS di Kota Yogyakarta. Tiga TPS itu berada di Kecamatan Kotagede dan Jetis.

"(Pengawas) tingkat kecamatan ada di beberapa wilayah Kota Yogyakarta sudah mengeluarkan (surat) kepada PPK untuk melakukan PSU, ada rekomendasi dari Panwaslucam," ujar Agus kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (22/4/2019).

Ketiga TPS tersebut yakni TPS 2 Bumijo dan TPS 16 Gowangan di Kecamatan Jetis, serta TPS 4 Prenggan di Kecamatan Kotagede. Selain itu, Bawaslu Kota Yogyakarta juga masih mengkaji perlu tidaknya PSU di satu TPS di Kecamatan Pakualaman.


Agus menerangkan, ketiga TPS tersebut harus menggelar PSU karena ditemukan warga luar Kota Yogyakarta yang diperbolehkan mencoblos saat pemungutan suara. Padahal dia tak terdata di DPTHP-3, DPTb dan bukan warga setempat.

"Permasalahannya itu banyak. Intinya pemilih dari luar wilayah Kota Yogyakarta, dari luar wilayah TPS tersebut, itu bisa melakukan pemilihan (mencoblos) tanpa melakukan prosedur membawa A5, ini yang menjadi masalahnya," tuturnya.

Bawaslu Kota Yogyakarta, kata Agus, sudah berkoordinasi dengan KPU Kota Yogyakarta terkait permasalahan ini. Merujuk regulasi, atas rekomendasi Bawaslu pihak KPU harus menggelar PSU maksimal 10 hari pascadigelar pemungutan suara.

"Yang namanya pemilu serentak, Mas. Biasa, dan ini melibatkan masyarakat banyak, artinya kesalahan-kesalahan seperti ini (bukan pemilih tapi mencoblos) kemungkinan besar sangat bisa terjadi," pungkas Agus.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


Simak Juga 'KPU Catat 2.249 TPS Bermasalah di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed