DetikNews
Senin 22 April 2019, 14:11 WIB

59 Ribu Siswa SD/MI dan SMP/MTs di Brebes Ikuti UNKP dan UNBK

Imam Suripto - detikNews
59 Ribu Siswa SD/MI dan SMP/MTs di Brebes Ikuti UNKP dan UNBK Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Sebanyak 59.215 siswa SD/MI dan SMP/ MTs di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengikuti ujian baik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Prosentase UNBK pada ujian tahun ini mencapai 59 persen. Sedangkan untuk tingkat SD/MI semuanya masih menggunakan kertas dan pensil.

Jumlah peserta ujian tingkat SD maupun MI sebanyak 31.473 orang. Mereka tersebar di 888 SD dan 211 MI yang ada di Brebes. Mereka mengerjakan ujian dengan berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Untuk peserta ujian tingkat SMP/ MTs diikuti oleh 27.242 orang yang tersebar di 150 SMP dan 98 MTs. Jumlah sekolah yang menyelenggarakan ujian berbasis komputer (UNBK) sebanyak 89 SMP dengan jumlah siswa 11.021 orang. Sementara sisanya yaitu 61 SMP dengan jumlah 7.005 siswa masih menggunakan kertas dan pensil.

Sedangkan peserta ujian dari MTs sebanyak 98 sekolah dengan jumlah peserta 9.216 orang.

Aditya Perdana, Sekretaris Ujian Nasional Dindikpora Kabupaten Brebes mengatakan, tahun ini belum semua SMP yang bisa melakukan UNBK. Dia menargetkan tahun 2020 seluruh SMP bisa melaksanakan UNBK secara keseluruhan.

"Untuk MTs semuanya sudah UNBK tapi SMP masih ada yang belum. Saya tergetkan tahun depan sudah pakai komputer semua," ujar Aditya Perdana saat melakukan pemantauan UNBK di SMPN 1 Jatibarang.

Sekolah yang masih menyelenggarakan UNKP, kata dia didasari minimnya sarana dan prasarana komputer. Mengingat syarat UNBK harus mempunyai komputer sepertiga jumlah peserta.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed