DetikNews
Sabtu 20 April 2019, 21:30 WIB

Semarak Parade Lampion Iringi Kirab Pataka RA Kartini di Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Semarak Parade Lampion Iringi Kirab Pataka RA Kartini di Rembang Kirab Pataka RA Kartini di Rembang. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Pataka berupa gambar dan kata-kata mutiara milik Raden Ayu (RA) Kartini, dikirab malam ini. Kirab yang menempuh jarak hingga 22 kilometer ini diiringi dengan parade lampion yang dihias beragam jenis.

Kirab dimulai dari museum RA Kartini yang lokasinya berada tak jauh dari Alun-alun kota Rembang, menuju makam RA Kartini yang berada di Desa Bulu Kecamatan Bulu, Rembang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang Dwi Purwanro mengatakan, pataka diiringi rombongan kirab yang terdiri dari jajaran dinas OPD kabupaten Rembang, komunitas, dan sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Rembang.

"Para peserta yang berjumlah puluhan menggunakan baju kanung. Apalagi tahun ini kita buat meriah karena ada pula parade lampion. Nanti mereka akan berjalan dari museum sampai makam RA Kartini. Sepanjang jalur itu ada beberapa pos pemberhentian," kata Edi.

Edi menjelaskan, selama ini pataka RA Kartini tersebut disimpan dalam sebuah kotak di museum RA Kartini. Pataka baru dikeluarkan pada Jumat (19/4) pukul 00.00 WIB dengan prosesi selametan dan tumpengan.

Kirab Pataka RA Kartini di RembangKirab Pataka RA Kartini di Rembang. Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Nantinya, pataka yang telah dikirab dan tiba di makam RA Kartini akan disemayamkan di samping pusara makam. Baru akan dikembalikan lagi di museum RA Kartini setelah prosesi upacara peringatan hari RA Kartini.

"Setelah sampai di makam RA Kartini, pataka diinapkan semalam. Dan di komplek makam juga digelar pertunjukan seni wayang kulit semalam suntuk. Pagi harinya, pataka kembali dikirab menuju Alun-alun Rembang untuk dimasukkan kembali ke peti oleh ibu Hasiroh Hafidz selaku istri Bupati Rembang," terangnya.

Kirab Pataka RA Kartini di RembangKirab Pataka RA Kartini di Rembang. Foto: Arif Syaefudin/detikcom


Sementara Bupati Rembang Abdul Hafidz menyebut terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai upaya pemerintah Kabupaten Rembang mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita RA Kartini.

"Beliau telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional, dan makamnya ada di Rembang. Sehingga ini sebagai wujud kita bersama nguri-uri jasa-jasanya," kata Hafidz.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed