DetikNews
Jumat 19 April 2019, 20:32 WIB

Long Weekend, Ini Penampakan Wisatawan Jejali Gua Pindul Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Long Weekend, Ini Penampakan Wisatawan Jejali Gua Pindul Gunungkidul Wisatawan di mulut Gua Pindul. (Foto: Dok. Operator Perintis Wisata Gua Pindul, Dewa Bejo)
Gunungkidul - Ribuan wisatawan menjejali objek wisata Gua Pindul di Gunungkidul, DIY, pada saat long weekend kali ini. Mereka berjejal memenuhi lokasi pintu gua dan diakui pengelola menyebabkan kenyamanan sensasi susur gua menjadi berkurang.

Salah satu pengelola operator perintis wisata Gua Pindul, Bagya, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, peningkatan jumlah wisatawan hanya terjadi hari ini saja.

"Hari ini memang melonjak (jumlah pengunjung) karena pas libur panjang dan itu biasa terjadi. Kalau dilihat dari jumlah bis yang parkir tadi jumlah wisatawan yang datang ada sekitar 2 ribu wisatawan," ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (19/4/2019) malam.


"Karena kalau hari biasa itu drop (menurun), rata-rata hanya 200 sampai 500 wisatawan, terus kalau weekend bisa 600 sampai 1.000 wisatawan yang datang," imbuh Bagya.

Meningkatnya jumlah wisatawan, lanjut Bagya, sempat membuat antrian panjang di mulut gua sebelah selatan. Kendati demikian, ia menyebut hal itu menjadi berkah tersendiri bagi pengelola wisata Gua Pindul.

"Banyaknya wisatawan memang membuat wisatawan harus antre di mulut gua, tapi itu jadi berkah tersendiri dan dipadati berapapun (wisatawan) Gua Pindul tetap nyaman," katanya.

"Hanya memang kami akui pelayanan kita jadi berkurang jauh, karena biasanya pengunjung bisa berapa menit di dalam gua jadi agak terburu-buru. Jadi (wisatawan) tetap bisa susur gua namun kenyamanan jadi berkurang, saya akui itu, tapi alhamdulillah meski penuh sesak belum pernah terjadi kecelakaan," sambungnya.


Sementara itu, operator perintis wisata Gua Pindul bernama Dewa Bejo, Arif Sulistyo, menjelaskan bahwa antrean wisatawan di mulut gua sebelah selatan dan utara hanya terjadi beberapa jam saja.

"Pas penuh-penuhnya tadi antara jam 9 pagi sampai jam 12 siang. Sehabis salat Jumat sekitar jam 1 siang itu antrean wisatawan sudah mulai berkurang," ujarnya.
Long Weekend, Ini Penampakan Wisatawan Jejali Gua Pindul GunungkidulWisatawan di mulut Gua Pindul. (Foto: Dok. Operator Perintis Wisata Gua Pindul, Dewa Bejo)

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono, juga mengatakan jumlah pengunjung di Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, memang melonjak tajam hari ini.

"Memang meningkat, dan untuk pengunjung di (Gua) Pindul hari ini mencapai 2.337 orang wisatawan. Faktor meningkatnya kunjungan karena long weekend dan di Pantai juga mengalami peningkatan jumlah wisatawan," katanya saat dihubungi.


Terkait sesaknya pintu masuk di Gua Pindul hari ini, Hary menyebut hal itu tidak membuat asupan oksigen wisatawan berkurang. Mengingat seluruh pemandu telah memiliki SOP terkait memasukkan wisatawan ke dalam Gua Pindul.

"Memang permasalahannya tidak hanya asupan oksigen kalau penuh sesak gitu, apalagi 1 pemandu itu menghandle 6 sampai 10 wisatawan. Tapi SOP untuk pemanduan sudah ada dan dilakukan para pemandu, sehingga yang mandu ada yang sambil jalan dan standby di dalam gua, dan kalau membeludak masuknya secara bergantian," ujarnya.

"Terkait sirkulasi juga sudah dipertimbangkan, karena pengaturan Gua Pindul sudah kita dukung dengan Amdal dan upaya pemantauan lingkungan," pungkasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed