detikNews
Jumat 19 April 2019, 14:59 WIB

Kemasukan 'Penyusup', 3 TPS di Brebes Direkomendasikan Coblos Ulang

Imam Suripto - detikNews
Kemasukan Penyusup, 3 TPS di Brebes Direkomendasikan Coblos Ulang Ilustrasi (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Brebes -

Tiga TPS di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, direkomendasikan oleh Bawaslu untuk pemungutan suara ulang (PSU). Rekomendasi dilatarbelakangi adanya temuan pelanggaran saat pemungutan suara pada 17 April lalu.

Anggota Bawaslu Kabupaten Brebes, Yunus Awaludin Zaman, mengatakan pihaknya menemukan pelanggaran pemilu yang berpotensi dilakukan PSU. Pelanggaran Pemilu itu ditemukan tim Bawaslu di 3 TPS yang tersebar di Kecamatan Bantarkawung.

"Pengawasan selama jalannya proses pemungutan suara, kami mendapatkan temuan pelanggaran Pemilu yang berpotensi dilakukannya PSU di 3 TPS di Kecamatan Bantarkawung," kata Yunus, Jumat (19/4/2019).


Ketiga TPS itu adalah TPS 12 Desa Jipang, TPS 13 Desa Banjarsari dan TPS 28 Desa Pangebatan. Di ketiganya tersebut pelanggaran adanya pemilih dari luar daerah mencoblos hanya dengan e-KTP dan tidak memiliki formulir A5. Pemilih tersebut juga tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Temuan dari Bawaslu ada 3 orang yang memiliki E-KTP dari luar daerah mencoblos di tiga TPS itu. Tapi, tiga pemilih ini tak memiliki formulir A5 dan juga tak terdaftar sebagai di DPT, DPTb, ataupun DPK. Ini berarti menyalahi aturan dan berpotensi dilakukannya PSU," ungkapnya.

Yunus menambahkan, pemilih yang tidak terdaftar di DPT memang tetap bisa mencoblos menggunakan e-KTP atau suket, tetapi hanya di TPS yang sesuai alamat domisili. Mereka baru bisa memberikan hak suaranya mulai pukul 12.00 WIB.


Dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, disebutkan pemilih yang tidak terdaftar di DPT atau DPTb namun memiliki hak pilih, masuk di kategori Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi, mengaku sudah menerima informasi tersebut. Namun secara resmi belum menerima surat rekomendasi dari Bawaslu soal PSU di tiga TPS itu.

"Belum masuk surat rekomendasinya. Tapi kami sudah menerima info adanya pelanggaran di tiga TPS di Kecamatan Bantarkawung," kata Riza.


Simak Juga 'KPU Catat 2.249 TPS Bermasalah di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed