detikNews
Kamis 18 April 2019, 16:17 WIB

Cerita Yatman, Diejek saat Buat Patung Gundam hingga Viral

Aji Kusuma - detikNews
Cerita Yatman, Diejek saat Buat Patung Gundam hingga Viral Foto: Aji Kusuma/detikcom
Semarang - Yatman (31) tak mengira patung Gundam Exia buatannya menjadi viral di kalangan Builder Gundam. Patung yang ia buat 8 tahun silam, saat ini viral dan ramai diperbincangkan di media sosial.

"Saya nggak nyangka aja kalau viral, bahkan ada yang bilang kalau itu gundam peninggalan Majapahit. Saya aja yang nyebarin siapa juga nggak tahu. HP saya nggak kuat dibuat instagram, tahu kalau udah viral malah dari teman-teman," ungkap Yatman saat ditemui detikcom, di rumahnya yang beralamat di Desa Barukan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Kamis (18/4/2019).

Menurutnya patung Gundam Exia itu dibuat sudah lama sekitar 8 tahun lalu dari bahan semen dan menggunakan kerangka besi kolom. Patung setinggi 2 meter itu dibuat oleh Yatman seorang diri.
Patung gundam buatan Yatman yang viralPatung Gundam buatan Yatman yang viral. Foto: Aji Kusuma/detikcom

"Patung ini saya buat pakai bahan semen, sama kayak orang mau bikin adonan untuk tembok. Kalau soal ukuran intinya saya usahakan presisi, jadi pakai skala perbandingan yang tepat antara kepala, tangan, dan badan," kata Yatman.

Ia menambahkan, tujuan membuat patung Gundam Exia adalah untuk tanda jika ada teman yang ingin mengunjungi rumahnya. Yatman sengaja memilih patung Gundam karena ia juga mengaku sebagai pecinta Gundam.


"Saya dulu itu jual alat pertukangan Mas, nah saya buat patung itu sebagai tanda kalau itu rumah saya. Jadi teman-teman tidak bingung kalau cari rumah saya, tapi nggak tahunya malah sekarang viral, ya sudah lah gak apa-apa, yang penting positif," ungkapnya.

Ia menceritakan saat itu tak hanya membuat patung, tetapi juga membuat helm Gundam dari barang bekas. Saat itu banyak warga sekitar yang mencemoohnya. Namun ia terus mengerjakan sendiri.
Patung gundam di Kabupaten SemarangPatung Gundam di Kabupaten Semarang. Foto: Aji Kusuma/detikcom

"Saya dulu diejek, apa sih maunya gitu, tetapi sekarang viral ya mereka dulu yang tahu. Saya juga dulu sering buat helm gundam, tetapi sekarang udah nggak ada, tapi kalau suruh bikin masih bisa," katanya.

Yatman yang saat ini menjalankan usaha jual beli rumah antik, mengaku ingin menambah patung gundam lagi di halaman rumahnya. Hal itu sebagai tanda syukur, patung buatannya diapresiasi banyak orang.

"Saya dulu buat ini, setelah pulang kerja, tiap malam saya buat. Sampai diprotes istri, tapi mau gimana lagi, saya suka soalnya. Nanti kalau ada rejeki dan waktu luang saya buat satu lagi sekaligus menyempurnakan Exia," tandasnya.

Sebagai informasi, Gundam Exia dalam anime-nya yang berjudul Mobile Suit Gundam 00 dikenal juga sebagai GN-001 dan menjadi salah satu seri Gundam yang laris baik dari film maupun model kit-nya. Anime Gundam Exia pertama tayang di Jepang pada Oktober 2007 lalu.


(bgk/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed