DetikNews
Kamis 18 April 2019, 15:24 WIB

3 TPS di Jawa Tengah Gelar Pemungutan Suara Ulang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
3 TPS di Jawa Tengah Gelar Pemungutan Suara Ulang Ketua KPU Jawa Tengah, Yuliyanto Sudrajat. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Semarang - Tiga TPS di Jawa Tengah harus melaksanakan pemungutan suara ulang. Salah satu penyebabnya yaitu Ketua KPPS di salah satu TPS tersebut digantikan oleh orang lain saat pelaksanaan Pemilu 2019.

Ketua KPU Jawa Tengah, Yuliyanto Sudrajat mengatakan tiga TPS tersebut berada di Kabupaten Tegal sebanyak dua TPS dan Kabupaten Jepara satu TPS.

"Sudah diputuskan dengan Bawaslu ada tiga TPS di dua Kabupaten yang PSU (pemungutan suara ulang) hari Sabtu," kata Yulianto di ruang kerja Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Kamis (18/4/2019).


Tiga TPS tersebut yakni TPS 24 Dukuh Ringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, TPS 04 Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, dan TPS 16 Desa Welahan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.

Salah satu TPS yaitu yang berada di Jepara terpaksa mengulang pemungutan suara karena Ketua KPPS tidak hadir dan justru diganti ayahnya. Padahal syarat sah surat suara harus ditandatangani oleh Ketua KPPS.

"Itu ketua KPPS bukan yang tertuang dalam SK, tapi menggantikan anaknya. Anak yang seharusnya ketua KPPS tidak bisa hadir, maka tidak memenuhi syarat," jelas Yulianto.


Sementara itu dua TPS di Kabupaten Tegal harus melakukan pemungutan suara ulang karena ada pemilih yang tidak sah namun sudah memberikan suaranya. Tidak sah karena pemilih hanya bermodal e-KTP, tapi bukan berasal dari daerah TPS berada.

"Dia tidak berhak, harusnya sesuai dengan KTP. Satu TPS karena ada satu orang dan satunya karena ada empat orang (yang hanya menggunakan KTP tidak sesuai)," jelas Yulianto.

Meski demikian, menurut Yulianto secara keseluruhan jalannya pemilu di Jateng berjalan lancar. Hingga saat ini, lanjut Yulianto, partisipasi masyarakat Jawa Tengah di Pemilu 2019 mencapai 80 persen.

"Partisipasi, data sementara yang kami terima dari Kabupaten Kota berkisar 80 persen, ini bagian dari kepercayaan publik," tegasnya.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(alg/sip)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed