DetikNews
Selasa 16 April 2019, 17:21 WIB

KPU Kabupaten Semarang Bakar 48.163 Surat Suara Sisa dan Rusak

Aji Kusuma - detikNews
KPU Kabupaten Semarang Bakar 48.163 Surat Suara Sisa dan Rusak Pemusnahan surat suara oleh KPU Kab Semarang (Foto: Aji Kusuma/detikcom)
Kabupaten Semarang - KPU Kabupaten Semarang memusnahkan sisa surat suara yang tak terpakai maupun rusak. Total surat suara sisa tersebut mencapai 48.163 lembar.

Ketua KPUD Kabupaten Semarang, Maskup Ashadi, sesuai surat edaran KPU RI surat suara tak terpakai dan rusak harus dimusnahkan. Di Kabupaten Semarang, pemusnahan surat suara dilakukan di halaman KPU setempat disaksikan oleh anggota Bawaslu.

"Total yang kami bakar ada 48.163 surat suara. Itu semua dari lima kategori surat suara, ada yang karena sisa dan juga karena rusak," jelas Maskup di Kantor KPU Kabupaten Semarang kepada detikcom, Selasa (16/4/2019).
KPU Kabupaten Semarang Bakar 48.163 Surat Suara Sisa dan RusakPemusnahan surat suara oleh KPU Kab Semarang (Foto: Aji Kusuma/detikcom)


Dia menambahkan, tim KPU Kabupaten Semarang sudah melaksanakan pemusnahan sejak pukul 15.00 WIB. Hingga menjelang petang ini, dalam pantauan detikcom, sisa surat suara yang belum dibakar masih terdapat beberapa kardus.

"Harus kita selesaikan hari ini, karena sesuai amanat KPU RI, proses pembakaran harus dimulai H-1 dan selesai di hari yang sama. Kami sudah menghitung semua surat di seluruh TPS sudah aman, termasuk tambahan 2% dari jumlah DPT juga sudah terpenuhi," tandas Maskup.


Simak Juga '5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed