DetikNews
Senin 15 April 2019, 16:29 WIB

Jamin Listrik Aman Saat Pemilu, PLN Pekalongan Terjukan Tim Patroli

Robby Bernardi - detikNews
Jamin Listrik Aman Saat Pemilu, PLN Pekalongan Terjukan Tim Patroli Manager Area UP3 Pekalongan, Joko Hadi W. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - PLN Area Pekalongan, menjamin keamanan pasokan listrik selama Pemilu berlangsung. Sebanyak 212 personel PLN akan melakukan patroli di jaringan-jaringan listrik yang rawan putus.

"Sebelumnya kita telah melakukan patroli jaringan listrik dan kegiatan pemeliharaan. Dipastikan aman listrik untuk pemilu," kata Manajer Area UP3 Pekalongan, Joko Hadi W pada detikcom saat melakukan sidak persiapan Pemilu di ULP Kedungwuni, Senin (15/4/2019).

Joko menjelaskan pemetaan sudah dilakukan untuk mengantisipasi jaringan listrik putus karena faktor alam. Selain itu, genset berkapasitas 100 KVa akan disiagakan di KPU Kabupaten Pekalongan.

Kabupaten Pekalongan, sebagai daerah rawan gangguan akibat banyaknya pohon lebat yang dapat memutus jaringan listrik.


Penyediaan genset berkapasitas besar tersebut menurut Joko mengingat ULP Kedungwuni cukup jauh dari sumber tegangan kanan-kiri di atas 10 km.

"Tadi kita juga pastikan jaringan listrik aman sampai ke PPK atau TPS-TPS. Kita Siaga Pemilu," katanya.

Sebanyak 212 personel sudah sepekan ini diterjunkan untuk melakukan pengecekan jaringan.

"Ya maklum lah, kalau PLN terus terang secara umum jaringan kita masih konduktor terbuka ya, artinya otensi gangguan masih didominasi oleh pohon dan beberapa titik oleh binatang," jelas Joko.


Di daerah Petungkriyono misalnya, Joko menjelaskan masih lebatnya pepohonan yang sewaktu-waktu dapat mengganggu jaringan listrik.

"Untuk itu kita kerahkan 211 personel untuk patroli di jaringan-jaringan yang rawan di pegunungan seperti di Petungkriyoo dan Kabupaten Batang," tambah Joko.

Selain melakukan patroli jaringan pihaknya juga menyiagakan petugas di KPU, PPK maupun TPS-TPS.

"Yang jelas pasokan tidak masalah. Selain personel di KPU kita siapkan juga juga posko kantor UP3, 24 jam yang menjadi pengendali operasionalnya," kata Joko.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed