DetikNews
Senin 15 April 2019, 13:08 WIB

Lengkapi Kekurangan, Pelipatan Surat Suara di Magelang Dikebut

Eko Susanto - detikNews
Lengkapi Kekurangan, Pelipatan Surat Suara di Magelang Dikebut Pelipatan surat suara di Kabupaten Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Pelipatan surat suara masih terlihat di GOR Gemilang, Kompleks Setda Kabupaten Magelang. Pelipatan ini untuk mencukupi kekurangan dan ditargetkan sebelum petang hari sudah kelar untuk segera didistribusikan.

Berdasarkan pantauan detikcom, pelipatan surat suara ini dilakukan di GOR Gemilang, kompleks Setda Kabupaten Magelang. Pelipatan surat suara tersebut dilakukan untuk mencukupi kekurangan surat suara untuk DPRD Kabupaten, DPR RI, DPD RI dan Pilpres.

Untuk mencukupi kekurangan surat suara tersebut, KPU Kabupaten Magelang harus mengambil langsung dari percetakan di Ciawi, Bogor, Jawa Barat dan baru sampai di Magelang, Senin (15/4/2019), pagi. Selanjutnya, dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

Berdasarkan data surat suara yang dilipat tersebut untuk mencukupi kekurangan surat suara pilpres ada 8.749, DPR ada 1.850, DPD ada 1.730 dan DPRD Kabupaten dapil 1 ada 432, dapil 2 ada 465, dapil 3 ada 1.128, dapil 4 ada 1.034, dapil 5 ada 1.435, dapil 6 ada 635.

Komisioner KPU Kabupaten Magelang, Divisi Perencanaan dan Data, Wardoyo mengatakan, pelipatan ini untuk mencukupi kekurangan di beberapa kecamatan, sedangkan yang klir sudah dikirim.

"Ini tinggal kekurangan saja, yang sudah klir sudah dikirim. Kekurangan beberapa kecamatan. Untuk DPRD Kabupaten, dapil 1 kekurangan di daerah Borobudur, dipilih desa yang terdekat dengan kecamatan. Untuk dapil 2 yaitu Salaman, dapil 3 itu di Bandongan, dapil 4 di Secang, dapil 5 di Tegalrejo dan dapil 6 di Muntilan, ini yang kekurangan," kata Wardoyo di sela-sela menunggu proses pelipatan surat suara di GOR Gemilang, kompleks Setda Kabupaten Magelang, Senin (15/4/2019).

Untuk hari ini, katanya, surat surat yang kurang tersebut telah tercukupi dan tinggal pendistribusian. Untuk itu, surat suara dilakukan penyortiran dan pelipatan, terus langsung dipacking.

"Alhamdulillah sampai hari ini sudah tercukupi, tinggal pendistribusian. Tinggal sortir, lipat, nanti dipacking, kita kirim hari ini sudah klir, harapan kita," tegasnya.

Pelipatan surat suara untuk mencukupi kekurangan, kata dia, mulai dilakukan hari ini. Hal ini karena surat suara kekurangan tersebut baru datang tadi pagi.

"Kami menunggu surat suara yang baru datang tadi pagi, itupun diambil oleh KPU Kabupaten Magelang ke Percetakan di Ciawi. Pak Sek (sekretaris) dengan dikawal polisi menggunakan elf dan satu staf dari KPU mengambil, tadi pagi baru sampai sini," katanya seraya menyebutkan dalam pelipatan dilibatkan 30 orang.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed