DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 11:47 WIB

Polresta Yogya Musnahkan Barang Bukti 1.083 Batang Pohon Ganja

Usman Hadi - detikNews
Polresta Yogya Musnahkan Barang Bukti 1.083 Batang Pohon Ganja Polresta Yogyakarta musnahkan 1.083 pohon ganja. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Polresta Yogyakarta melakukan pemusnahan barang bukti yang disita dari sebuah ladang di Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polresta Yogyakarta membongkar jaringan pengedar ganja di wilayah DIY dan sekitarnya pada bulan Februari lalu. Keberadaan pohon-pohon ganja itu terungkap dari penangkapan Erwin (42) asal Karawang, Yohan (21) asal Karawang dan Ari (22) asal Sleman.

Tersangka Erwin diketahui mempunyai kebun ganja di daerah Sukasari, Purwakarta. Ditemukan 1083 batang pohon ganja yang itu ditanam di polybag. Kepada penyidik, Erwin mengaku mulai menanam ganja sejak September 2018 yang ditanam tanpa izin di lahan milik Perhutani di sekitar Waduk Jatiluhur.


Kapolresta Yogyakarta, Kombes (Pol) Armaini, menyebut Yogyakarta kerap dijadikan pasar oleh bandar narkoba. Kalangan remaja di wilayah ini kerap dijadikan sasaran peredaran obat terlarang itu.

"Di sini ini pemakainya banyak, pemakainya di sini banyak, konsumennya banyak," jelas Armaini," kata Armaini usai pemusmahan barang bukti 1083 batang tanaman ganja di Lapangan Panahan Jalan Kenari Kota Yogyakarta, Selasa (5/3/2019).
Polresta Yogya Musnahkan Barang Bukti 1.083 Batang Pohon GanjaErwin, penanam pohon ganja di Purwakarta. (Foto: Usman Hadi/detikcom)


Armaini menjelaskan, narkoba termasuk ganja yang diproduksi Erwin menyasar kalangan remaja di Yogyakarta ini. Terlebih banyak warga pendatang yang menetap di Kota Pelajar ini. "Pertama adalah dari jumlah penduduk Yogya ini kan banyak. Kedua, di sini kan narkoba menyasar mahasiswa, remaja. Di sini jumlah remaja, mahasiswa banyak," tuturnya.

"Tapi enggak semuanya dia (pengguna) bergelar mahasiswa ya. Makanya umur-umurnya yang produktif ya, umur 20-35 lah," sambungnya.
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed