detikNews
Selasa 26 Februari 2019, 20:19 WIB

Ditinggal Kondangan, Rumah di Brebes Ludes Terbakar

Imam Suripto - detikNews
Ditinggal Kondangan, Rumah di Brebes Ludes Terbakar Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Rumah seorang warga Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (26/2/2019) sore luder terbakar. Kebakaran terjadi saat penghuni rumah sedang menghadiri hajatan saudara.

Rumah yeng terbakar adalah milik pasangan Sarwid (70) dan Tarlem (60) Warga Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Kebakaran terjadi sekitar pukul 16.30 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB.

Seluruh barang berhaga berupa uang tunai senilai Rp 5 juta, dua sepeda motor, perlengkapan seserahan pernikahan, hingga surat berharga yang ada di dalam rumah tak bisa terselamatkan. Demikian pula bawang merah sebanyak 3,5 kwintal yang akan dipakai untuk bibit ikut ludes terbakar.

"Rumahnya kosong, sedang pada menghadiri undangan saudara. Saya juga sedang membabat rumput di sawah. Tahunya ada warga yang menghampiri dan memberitahu rumah saya kebakaran," kata Sarwid.

Sarwid memperkirakan, total kerugian dari kebakaran tersebut lebih dari Rp 200 juta karena semua barang berharga tak ada yang bisa terselamatkan. Ia menambahkan, barang barang seserahan itu akan dipakai untuk acara mantu pekan depan. Semua barang seserahan saat itu disimpan di dalam rumah.

Kebakaran juga melebar ke rumah milik Tarcisno, yang bersebelahan dengan Sarwid. Atap rumah milik Tarcisno turut terbakar demikian juga pada dindingnya.

Kebakaran ini baru padam setelah mobil pemadam datang 1,5 jam. Proses pemadaman api sempat terhambat karena ada ratusan warga yang menonton kejadian tersebut.

Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai lebih dari Rp 200 juta. Hingga kini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com