DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 18:31 WIB

Kabupaten/Kota Magelang dan Boyolali Gabung Jadi Dapil Jateng 8

Eko Susanto - detikNews
Kabupaten/Kota Magelang dan Boyolali Gabung Jadi Dapil Jateng 8 Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Pada Pemilu 2019 ini ada daerah pemilihan (dapil) baru yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Boyolali. Adapun dapil baru yakni Dapil Jateng 8 ini untuk memilih anggota DPRD Provinsi Jateng dengan memperebutkan 8 kursi.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin mengatakan, sesuai dengan UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu pada pasal 188 ayat (1) menyebutkan, jumlah kursi DPRD provinsi ditetapkan paling sedikit 35 dan paling banyak 120. Kemudian pada pasal 188 ayat (2) menyebutkan, jumlah kursi DPR provinsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada jumlah penduduk provinsi yang bersangkutan.

"Provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 20 juta orang memperoleh alokasi 120 kursi. Penduduk Jawa Tengah lebih dari 20 juta sehingga alokasi kursinya 120, kemudian karena ada penambahan kursi daerah pemilihan (dapil) bertambah pula," kata Afif di sela-sela memantau perakitan kotak suara di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Senin (11/2/2019).

"Mulai awal tahun, kita juga merekrut relawan demokrasi berbasis komunitas. Jadi di masing-masing komunitas itu ada relawannya, kemudian kita libatkan untuk melakukan sosialisasikan itu, salah satunya. Hal ini penting karena perubahan, perubahan ini sifatnya baru. Dari beberapa pemilu itu, kita (Kabupaten Magelang) masuk di daerah pemilihan Jateng 6, tapi sekarang masuk di dapil 8 karena ada penambahan rasio jumlah kursi di DPRD Jateng," tuturnya.

Sebagaimana diketahui dalam pemilu sebelumnya, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang bersama Purworejo, Temanggung dan Kabupaten Wonosobo masuk dalam dapil Jateng 6 baik untuk memilih anggota DPRD provinsi maupun DPR RI. Namun, dalam Pemilu 2019 ini untuk memilih anggota DPR RI tetap sama dapil Jateng 6, sedangkan untuk memilih anggota DPRD provinsi, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang masuk dapil Jateng 8.


Demikian halnya dalam pemilu sebelumnya, Boyolali untuk DPRD Provinsi masuk dapil Jateng 5 bersama Kota Surakarta, Kabupaten Klaten dan Sukoharjo. Sedangkan dalam pemilu 2019 ini, untuk DPRD provinsi, Boyolali masuk dapil Jateng 8 bersama Magelang.

"Ada 13 daerah pemilihan, kemudian Magelang ikut Jawa Tengah 8 dengan alokasi kursi 8 meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Boyolali. Pemilu kali ini untuk DPR RI, Kabupaten Magelang tetap masuk dapil Jateng 6," tuturnya.

Terhadap keberadaan dapil baru ini, kata dia, dari sisi penyelenggaraan setiap ada kesempatan, termasuk sejak tahapan pembentukan dapil telah disosialisasikan kepada seluruh peserta pemilu.

"Kemudian menjelang kampanye, juga kita sampaikan kepada semua peserta pemilu dan sosialisasi dengan masyarakat," katanya.


Terpisah, Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron mengatakan, dalam sosialisasi KPU menyampaikan dalam pemilu 2019 khususnya DPRD provinsi dapilnya Kota Magelang, Kabupaten Magelang dan Boyolali masuk dapil Jateng 8. Penyusunan dapil tersebut sesuai dengan UU No 7 tahun 2017 tentang pemilu.

"Sosialisasi kita sampaikan untuk Kota Magelang khususnya DPRD provinsi di dapil 8," kata Basmar.

"Yang kita sampaikan dalam sosialisasi untuk presiden seluruh Indonesia hanya satu dapil, kemudian DPD dapilnya provinsi. Kemudian untuk DPR RI, kita (Kota Magelang) masih Jawa Tengah 6. Nah untuk DPRD provinsi kita (Kota Magelang) masuk dapil Jawa Tengah 8 yang wilayahnya meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang dan Boyolali, ini merupakan wilayah yang baru," ujarnya.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed