DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 13:25 WIB

Doakan Pilpres Damai, 60 Kelenteng Nusantara Gelar Kirab di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Doakan Pilpres Damai, 60 Kelenteng Nusantara Gelar Kirab di Kudus Kirab 60 ketenteng di Kudus untuk Pilpres damai. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Ratusan umat Tri Dharma yang tergabung dari 60 kelenteng Nusantara mengikuti kirab bersama di Kudus, Jateng, Minggu (13/1/2019). Mereka mendoakan agar Pilpres 2019 berlangsung damai.

Kirab tersebut merupakan perwujudan tanda terima kasih kepada Dewa Bumi (Hok Tik Cing Sien) yang disebut Bwe Gwee. Kirab melewati rute sepanjang 5 km, dimulai dari Kelenteng Tri Dharma (TITD) Hok Hien Bio Kudus, melewati Jalan Lukmono Hadi, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Sunan Kudus, Simpang Tujuh, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tanjung, Gang Satu, Jalan A Yani, kembali ke kelenteng.

"Ada 60 kelenteng seluruh Indonesia. Dari Manado, Bali, Palembang, Lampung, Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan lainnya," kata Ketua Ritual, Liung Kuo Tjun Liung.
Doakan Pilpres Damai, 60 Kelenteng Nusantara Gelar Kirab di KudusKirab 60 ketenteng di Kudus untuk Pilpres damai. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)


Menurutnya, acara ini disebut Bwee Gee yaitu bentuk rasa berterima kasih pada Dewa Bumi karena sepanjang tahun telah dikaruniai berkah. "Maka pada saat ini sebelum Tahun Baru Imlek, kita adakan acara namanya Bwee Gee yaitu terima kasih pada Dewa Bumi," jelasnya.

Dalam kirab mereka memanjatkan doa bersama agar di tahun mendatang tetap mendapat limpahan berkah Dewa Bumi serta dari Tuhan Yang Maha Esa. Mereka juga mendoakan Indonesia lebih tentram dan tetap baik menghadapi perhelatan politik Pilpres.
Doakan Pilpres Damai, 60 Kelenteng Nusantara Gelar Kirab di KudusKirab 60 ketenteng di Kudus untuk Pilpres damai. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)

"Pilpres juga tidak ada kerusuhan, semua bisa terima dengan kedewasaan, tidak ada hoaks, tidak ada fitnah. Karena ketentraman negara kita akan membawa kebangkitan negara," lanjutnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed