DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 00:15 WIB

Polisi: Pelaku Bentrok juga Terlibat Keributan di Rutan Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Polisi: Pelaku Bentrok juga Terlibat Keributan di Rutan Solo Senjata dari para pelaku sweeping di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - 10 orang ditangkap polisi terkait aksi sweeping di Kota Solo, Sabtu (12/1/2019) sore. Setelah diidentifikasi, mereka ternyata juga terlibat dalam keributan di Rutan Klas I Surakarta, Kamis (10/1) lalu.

"Ini adalah kelompok yang melakukan keributan di dalam rutan," kata Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo dalam jumpa pers di Mapolresta Surakarta.

Seperti diketahui, keributan di Rutan Klas I Surakarta melibatkan warga binaan dengan pengunjung, Kamis (. Para pelaku ini diduga merupakan pengunjung rutan tersebut.


Ribut juga menyampaikan bahwa kelompok ini tidak hanya membuat keributan di dalam rutan. Namun mereka sudah sering meresahkan masyarakat.

"Setelah kita identifikasi, mereka adalah kelompok yang sering menimbulkan keresahan di masyarakat," ujarnya.

Kapolresta menegaskan tidak ada celah bagi pelaku kejahatan untuk bisa lolos dari jeratan hukum. Pihaknya pun menjamin kondusifitas Kota Solo.

"Kami tidak akan mentolelir kegiatan kelompok-kelompok yang sering menimbulkan keresahan masyarakat, kelompok yang intoleran di masyarakat," kata dia.


"Ke depan, giat penegakan hukum yang terukur akan terus kita laksanakan untuk menjamin keamanan kota Surakarta," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dari 10 orang pelaku yang ditangkap, dua di antaranya ditembak oleh polisi. Mereka sempat melakukan perlawanan saat diamankan polisi.


"Dua kami tembak, satu kena pinggang, satu kena kaki," kata Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo.

Dia mengatakan awalnya mendapatkan informasi dari masyarakat terkait tindakan sweeping 10 pelaku tersebut. Warga merasa khawatir akan terjadi keributan.

"Mereka sejak 16.00 WIB melakukan sweeping. Pukul 19.00 WIB kami tangkap di daerah Semanggi," kata Ribut di Mapolresta Surakarta.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed