DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 18:09 WIB

Sandiaga Janji Bebaskan Pajak UMKM Berbasis Industri 4.0

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sandiaga Janji Bebaskan Pajak UMKM Berbasis Industri 4.0 Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Cawapres nomer urut 02, Sandiaga Uno menjanjikan pembebasan biaya pajak untuk UMKM yang berbasis revolusi industri 4.0. Janji tersebut menjawab keluhan pengusaha di Solo tentang pajak yang tinggi.

Pajak 0 persen akan diberikan dalam dua tahun pertama setelah bisnis dibangun. Hal ini dilakukan agar pengusaha dapat fokus membesarkan usahanya tanpa diganggu masalah pajak.

"UMKM yang memasuki revolusi industri 4.0 diberi keringanan dengan pajak 0 persen di dua tahun pertama. Ini untuk memberikan agar mereka bisa mendapatkan satu kelonggaran, bisa bernapas dulu untuk membesarkan usahanya," kata Sandi dalam kunjungannya di Solo, Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, beban pajak yang tinggi merupakan satu wujud ketidakadilan bagi pengusaha. Apalagi ketika kondisi usaha mereka sedang terpuruk.

"Ini dirasakan oleh para pengusaha sebagai sesuatu yang tidak adil. Kalau bisnis mereka tidak mengalami peningkatan, jangan ditekan. Kalau usaha mereka meningkat, pasti mereka akan menjadi basis pembayar pajak," ujarnya.

Insentif tersebut juga merupakan langkah Sandiaga untuk mempercepat transformasi UMKM konvensional agar mengikuti revolusi industri 4.0.

"UMKM ini merupakan sebuah keniscayaan, tidak mungkin bisa bertahan kalau tidak masuk ke bisnis digital," kata dia.



Simak juga video 'Jika Terpilih, Sandiaga Ingin Ada Kementerian Bencana':

[Gambas:Video 20detik]


(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed