ADVERTISEMENT

Ngabalin: Presiden Beri Perhatian Khusus Soal Tsunami Banten

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 25 Des 2018 23:53 WIB
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin menyebut Presiden Joko Widodo memberi perhatian khusus musibah tsunami Banten. Presiden, disebutnya, telah memerintahkan jajaran terkait untuk menyelidiki pemicu tsunami Banten yang merenggut ratusan nyawa tersebut.

"Pak Presiden sudah dari Banten kemarin, ada hal yang tidak pernah terjadi dalam sejarah tsunami di dunia dan republik ini, bahwa sampai sekarang kan masih diselidiki, tsunami model apa ini tsunami sampai 4-6 meter," kata Ngabalin, Selasa (25/12/2018).

Hal itu disampaikan Ngabalin kepada wartawan di sela-sela meninjau Posko Nataru di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

"Karena itu presiden perintahkan supaya, terutama kepada bapak Menko Maritim, agar bisa menemukan sebab kepastian apakah karena longsoran dari Gunung Anak Krakatau atau tidak. Tapi yang pasti ada early warning system, itu yang belum ditemukan. Tapi presiden taruh perhatian luar biasa dan sudah mengecek langsung lokasi ke Banten," sambung pria yang juga menjabat Komisaris PT Angkasa Pura I itu.

Diketahui, BNPB sore tadi merilis update jumlah korban tsunami Banten yang terjadi pada Sabtu (22/12). Korban meninggal dunia sebanyak 429 orang dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya bisa bertambah. Serta dilaporkan sebanyak 16.082 orang mengungsi.

(bgs/bgs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT