DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 17:11 WIB

Menhan Minta Ormas Ikut Bela Negara dengan Jaga Kerukunan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Menhan Minta Ormas Ikut  Bela Negara dengan Jaga Kerukunan Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu memasangkan jaket kepada 15 ribu anggota ormas Patriot Garuda Nusantara (PGN) Jawa Tengah sebagai tanda bela negara. Ia berpesan kepada masyarakat dan ormas di Indonesia untuk mencintai negaranya dan menjadi kekuatan mempertahankan NKRI.

Upacara digelar di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang tengah hari ketika terik matahari sangat panas. Para peserta upacara tetap khusyuk mengikuti acara sampai Menteri Pertahanan memberikan orasi politik.

Prosesi pemasangan jaket bela negara itu dilakukan Menhan kepada perwakilan anggota PGN Jateng. Kemudian Ryamizard berorasi politik dan menegaskan kepada PGN agar menjadi kekuatan NKRI, salah satu contohnya dengan tidak menghujat atau menyebar fitnah.

"Hujat menghujat, fitnah memfitnah, padahal yang dihujat saudara sendiri, itu tidak boleh. Dalam Islam dikatakan jangan kau putus silaturahmi diantara kamu, jika diputuskan maka tidak akan diberikan rahmat, artinya itu malapetaka," kata Menhan dalam orasinya, Sabtu (17/11/2018).

Kepada wartawan, Ryamizard kembali mengungkapkan pentingnya persatuan terutama antar umat beragama. Jika ada umat beragama yang menjelekkan apalagi memfitnah, maka sudah pasti orang itu kejam.

"Nawaitu kalau jelek-jelekkan orang, tidak ada artinya. Kalau kita bicara dengan hati baik, dengan agama masing masing, tidak ada macam macam. Kalau hatinya memojokkan, menjelakan orang apalagi memfitnah, itu kita tahu fitnah lebih kejam dari pembunuhan," tegasnya.

"Pancasila itu perwujudan kalau Islam itu lakum dinukum waliyadin, tidak usah ngomong masuk surga neraka, itu urusan Tuhan. Kita bersatu bela negara saja," tandas Ryamizard.



(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed