detikNews
Minggu 04 November 2018, 17:05 WIB

Hujan Deras Picu Tanah Gerak di Banjarnegara, Begini Kondisinya

Uje Hartono - detikNews
Hujan Deras Picu Tanah Gerak di Banjarnegara, Begini Kondisinya Tanah gerak di Danaraja, Banjarnegara (Foto: Dok. BPBD Banjarnegara)
Banjarnegara - Akibat hujan deras, menyebabkan tanah retak atau tanah gerak hingga kedalaman 3 meter di Desa Danaraja, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara. Sejumlah rumah milik warga terdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman, mengatakan kedalaman retakan tanah tersebut bervariasi antara meter sampai tiga meter.

"Kalau pajangnya ada yang 20 meter sampai ada yang sampai 300 meter," kata Arief, Minggu (4/11/2018).
Hujan Deras Picu Tanah Gerak di Banjarnegara, Begini KondisinyaTanah gerak di Danaraja, Banjarnegara (Foto: Dok. BPBD Banjarnegara)

Retakan tanah ini juga mengakibatkan rumah milik salah satu warga retak di bagian dinding dan lantai dengan panjang retakan bervariasi.


Berdasarkan pengamatan petugas BPBD, bentuk retakan melingkar seperti tapel kuda. Menurutnya, hal ini disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi.

"Air hujan yang mengalir kemudian masuk ke sela-sela tanah. Ini yang pada akhirnya membuat tanah menjadi retak-retak," terangnya.
Hujan Deras Picu Tanah Gerak di Banjarnegara, Begini KondisinyaDinding retak akibat tanah gerak. (Foto: Dok. BPBD Banjarnegara)

Untuk mengantisipasi terjadinya pergerakan tanah, warga beserta pemerintah desa setempat langsung menutup tanah retak tersebut. Warga Diimbau meningkatkan kewaspadaan saat hujan deras. Selain itu juga merekayasa aliran air usai ditutup.

"Jadi airnya tidak sampai menyerap ke titik yang retak. Sehingga tidak memicu terjadinya tanah gerak," imbaunya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed