DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 15:23 WIB

Sepanjang Kemarau Tahun Ini, 38 Ha Hutan di Blora Terbakar

Arif Syaefudin - detikNews
Sepanjang Kemarau Tahun Ini, 38 Ha Hutan di Blora Terbakar Wakil Administratur KPH Blora menunjukkan peta wilayah hutan Blora. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Blora - Sepanjang musim kemarau yang terjadi di Kabupaten Blora pada tahun ini, banyak kejadian kebakaran yang melanda hutan Blora. Berdasarkan catatan KPH Perhutanj Blora, ada 38,175 hektare lahan hutan yang terbakar pada musim kemarau tahun ini.

Wakil Administratur KPH Perhutani Blora, Antony Tadanyu mengatakan sebagian besar penyebab kebakaran lahan hutan itu akibat kelalaian manusia. Seperti pembuangan puntung rokok, atau sisa pembakaran lahan tebu yang merembet ke lahan hutan.

"Dari luas 15 ribu hektar sebanyak 38,175 hektar mengalami kebakaran. Kebakaran lahan hampir terjadi di sejumlah bagian kesatuan pemangkuan hutan," kata Antony saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (16/10/18).


"Penyebabnya macam-macam, tapi yang paling banyak ulah manusia. Ada penggarap yang membakar lahan atau Selasar biasanya seperti itu. Namun kita tidak tahu siapa itu," tuturnya.

Ia menyebutkan, lahan hutan yang terbakar lokasinya berbeda-beda dan tersebar di lima wilayah KPH yang dinaungi oleh Perhutani Blora. Jumlah itu mencapai separuh dari total lahan hutan yang ada di Kabupatem Blora.


Antony menyebutkan, luasan lahan yang mengalami kebakaran itu meningkat jika dibanding dengan kondisi pada tahun lalu. Ia menilai lamanya musim kemarau tahun ini juga berpengaruh pada angka kejadian kebakaran hutan.

"Tahun lalu yang kebakar 20 hektare. Jadi meningkat. Ini kan karena kemaraunya cukup panjang," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed