DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 21:44 WIB

Truk Angkut Pakan Ternak Terguling di Gunungkidul, 4 Meninggal

Pradito Rida Pertana - detikNews
Truk Angkut Pakan Ternak Terguling di Gunungkidul, 4 Meninggal Foto: Istimewa/detikcom
Gunungkidul - Truk pengangkuit pakan ternak dan belasan orang terguling di Gunungkidul. Empat orang meninggal dan 10-an orang luka berat dan ringan.

Kecelakaan tunggal itu terjadi di Jalan Ngawen-Sambeng, Batusari, Ngawen, Gunungkidul yang menghubungkan wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sebanyak 14 penumpang yang berada di atas bak truk bermuatan pakan itu terjatuh ke parit di kawasan perbukitan terjal tersebut.

Kapolsek Ngawen, AKP Kasiwon ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Ada 13 penumpang dan seorang supir yang menjadi korban dalam kecelakaan tunggal itu. Semua korban sudah dibawa ke rumah sakit terdekat. Beberapa korban yang meninggal dilokasi kejadian.

"Korban ada 14 orang, 4 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat dan 6 orang luka ringan. Yang luka sudah dibawa ke RSI Cawas, Klaten," katanya saat dihubungi wartawan, Senin (15/10/2018).

"4 yang MD (meninggal dunia) itu dua meninggal di tempat (lokasi kejadian) dan duanya lagi meninggal saat perjalanan ke rumah sakit," lanjutnya.

Adapun keempat korban meninggal dunia masing-masing bernama Rosminuk, Ngatinem, Harno dan Sayem, semuanya warga Ngeblak, Katongan, Nglipar, Gunungkidul.

Menurutnya, semua penumpang merupakan pencari pakan ternak, dan truk tersebut dalam perjalanan pulang dari mencari pakan di Kaligawe, Pedan, Klaten, Jawa Tengah.

"Untuk masalah laka saat ini ditangani oleh Satlantas Polres Gunungkidul," ucapnya.

Truk bernopol R 1522 PD dikemudikan Darsono, warga Katongan, Nglipar, Gunungkidul. Sopir diduga tidak bisa mengendalikan saat melewati jalan yang bergelombang.

"Jadi truk semula berjalan dari timur ke arah barat, sampai di TKP jalannya bergelombang dan truk oleng dan masuk ke parit," kata Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega saat dihubungi secara terpisah.

"Dari pengakuan, sopir sempat menyeimbangkan laju truk tapi karena kelebihan muatan lalu terguling tadi," imbuhnya.

Diungkapkan Kasat Lantas, korban yang meninggal dikarenakan terjatuh dari atas bak berisi tumpukan pakan. Di samping itu, saat terjatuh empat korban membentur bebatuan yang berada di samping Jalan Ngawen-Sambeng.

"Yang 4 orang meninggal itu karena kepalanya terbentur batu saat jatuh ke parit. Kalau lainnya luka-luka dan ada juga yang patah tulang, semua sudah dibawa ke rumah sakit," katanya.

"Untuk sopir juga luka dan saat ini statusnya masih saksi," lanjutnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed