DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 13:37 WIB

Hutan Gunung Merbabu di Wilayah Boyolali Terbakar

Ragil Ajiyanto - detikNews
Hutan Gunung Merbabu di Wilayah Boyolali Terbakar Gunung Merbabu (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Kebakaran melanda hutan di lereng Gunung Merbabu wilayah Boyolali. Warga masyarakat sekitar hutan dan relawan bersama petugas sudah naik ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

"Masih dalam upaya pemadaman," kata Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Johan Setiawan, melalui pesan singkat, Jumat (12/10/2018).

Kepulan asap di lereng gunung Merbau terlihat dari Boyolali Kota membumbung tinggi. Kepulan asap itu masih tampak di lereng bagian bawah.


Informasi yang diterima detikcom, kebakaran hutan diketahui pertama kali sekitar pukul 10.00 WIB. Kebakaran terjadi di kawasan di atas wilayah Desa Ngagrong, Kecamatan Ampel, Boyolali.

Warga masyarakat setempat bersama relawan dan petugas saat ini sudah naik ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah. Mereka membawa alat pemadam tradisional, seperti gepyok dan sabit.


Namun cuaca panas dan angin yang berhembus cukup kencang, sehingga api semakin membesar dan dengan cepat merembet. Kobaran api juga sulit dipadamkan. Kondisi ini menjadi kendala dalam upaya mempercepat pemadaman.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang melanda hutan di lereng Gunung Merbabu itu. Saat ini petugas dan warga masih konsentrasi dalam upaya pemadaman. Kebakaran diperkirakan juga sudah merembet ke kawasan taman nasional.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed