DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 17:27 WIB

Anak Amien Rais Ramai-ramai Nyaleg, Apa Kata PAN?

Usman Hadi - detikNews
Anak Amien Rais Ramai-ramai Nyaleg, Apa Kata PAN? Amien Rais setelah diperiksa di Polda Metro Jaya. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Yogyakarta - Empat dari lima anak politikus senior PAN, Amien Rais, mencalonkan diri sebagai anggota legislatif (nyaleg) untuk DPR RI dan DPRD DIY. Mereka berebut suara dengan daerah pemilihan (dapil) berbeda-beda.

Keempat anak Amien Rais tersebut adalah Ahmad Hanafi Rais, yang nyaleg untuk DPR RI dengan dapil DIY. Kedua Hanum Salsabiela Rais, yang nyaleg untuk DPRD DIY. Dia akan bertarung di Dapil DIY VI dengan nomor urut 1.

Selanjutnya ada Ahmad Mumtaz Rais, yang nyaleg untuk DPR RI dengan Dapil Jawa Tengah VI. Terakhir anak bungsu Amien Rais, Ahmad Baihaqy Rais, juga nyaleg untuk DPRD DIY. Dia bertarung di Dapil DIY IV nomor urut 2.

Persamaannya, keempat anak Amien Rais tersebut nyaleg di partai yang didirikan Amien Rais, yakni PAN. Lantas, bagaimana penjelasan pengurus PAN?

"Saya kira nggak ada yang luar biasa, ya. Karena prinsipnya di PAN itu kan semua kader punya hak yang sama, punya kesempatan yang sama untuk mencalonkan diri," kata Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin saat dihubungi detikcom, Kamis (11/10/2018).


Nazaruddin memastikan pencalegan anak-anak Amien Rais sudah melalui mekanisme atau aturan yang berlaku di lingkup internal PAN. Menurutnya, posisi Amien Rais sebagai Dewan Kehormatan PAN tidak mempengaruhi pencalegan anak-anaknya.

"Jadi tidak ada prioritas, tidak ada pengistimewaan terhadap hal itu. Semuanya diatur dengan mekanisme yang ada. Misalnya Mas Baihaqy ini kan nomor 2, artinya bukan karena anaknya Amien Rais terus kemudian dia nomor 1," ujarnya.


"Kebetulan ada yang dapat nomor (urut) 1 (Hanum Rais). La itu soal teknis saja sebenarnya, nggak ada hubungan (dengan posisi Amien Rais), mekanisme proses pencalegan semua ada mekanismenya," ungkapnya.

Sementara itu, untuk pencalegan Hanafi Rais dan Mumtaz Rais, Nazaruddin enggan berkomentar. Sebab, menurutnya, wewenang proses pencalegan untuk DPR RI berada di DPP PAN, bukan di DPW atau DPD.


Saksikan juga video 'Amien Mau Ungkap Kasus Mandek KPK, Tim Jokowi: Kenapa Tidak Dari Dulu?':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed