DetikNews
Jumat 05 Oktober 2018, 17:01 WIB

Resmikan RS di Kudus, Ganjar Pesan Jangan Galak dan Tolak Pasien

Akrom Hazami - detikNews
Resmikan RS di Kudus, Ganjar Pesan Jangan Galak dan Tolak Pasien Gubernur Ganjar Pranowo di RSI Sunan Kudus. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan pada rumah sakit untuk tidak bersikap galak apalagi menolak pasien. Hal ini disampaikan saat meresmikan sebuah rumah sakit di Kudus.

"Saya berharap gedung baru tentu layanannya juga bagus. Layanannya prima. Bisa disampaikan ke masyarakat untuk mereka yang ingin merasakan fasilitas lebih dan terjangkau," terang Ganjar meresmikan Gedung Utama Asyiratul Kiram RSI Sunan Kudus, Jumat (5/10/2018).

Pihaknya berharap pelayanan rumah sakit terhadap masyarakat bisa bagus. "Tolong dong jangan nolak pasien, jangan galak dengan pasien dan macam-macam," imbuhnya.

Ganjar menuturkan, pihaknya bicara soal manajemen rumah sakit. Praktis, kata dia, hendaknya rumah sakit memberikan penjelasan kepada masyarakat secara jelas.

"Mulai dari penyakitnya apa, biayanya kalau ada berapa, ora (tidak) kaget-kaget," ucapnya.

Lantas kalau tidak mampu bagaimana dan kalau pakai BPJS bagaimana? Ganjar meminta agar semua rumah sakit menjelaskan itu semua dengan baik kepada pasien. Karena dengan membantu menjelaskan dengan baik, hal itu akan mengurangi komplain dari masyarakat.

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan soal istilah Politik Kesehatan. Yakni memulai kesehatan dari hulu. Artinya, masyarakat melakukan kegiatan yang mencegah datangnya penyakit. Seperti halnya menjaga pola hidup sehat.

"Hulunya apa? Ya jaga kesehatan, makan buah dan sayur yang sehat, makan ikan, kalau itu kurang, gerak juga gak pernah, itu contoh. Secara hulu begitu. Itu nanti nggak sakit. Perilaku itu nggak sakit, nggak ngeklaim, gak akan bicara rumah sakit. Itu hulu. Mengubah kebiasaaan nggak susah," terang Ganjar lebih lanjut.

Bupati Kudus M Tamzil menambahkan pelayanan kesehatan di wilayahnya terus digenjot. Sebab itu merupakan satu kebutuhan masyarakat.

"RSI ini mencoba menjawab kebutuhan masyarakat. Semoga pelayanan semakin bagus," kata Tamzil.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan RSI Sunan Kudus, Sukasno mengatakan, gedung yang diresmikan ini mempunyai beragam fasilitas. Mulai dari ESWL, pemeriksaan jantung, dan lainnya.

"Sebagian besar alat-alat penunjang belum dilunasi. Ini masih bantuan-bantuan. Kami membuka ada pihak yang memberi bantuan," kata Sukasno.




Tonton juga 'Baru Dilantik, Ganjar Siap Cuti Demi Kampanyekan Jokowi-Ma'ruf':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed