ADVERTISEMENT

Batuan Candi di Kalasan Banyak Tersebar di Pekarangan Warga

Ristu - detikNews
Selasa, 25 Sep 2018 17:40 WIB
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Balai Arkeologi (Balar) DIY melakukan penggalian/ekskavasi dua bidang tanah di Dusun Balong Bayen, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Tim peneliti menduga sekitar Dusun Balong Bayen merupakan pusat Kerajaan Mataram Kuno. Beberapa petunjuk berupa temuan batu dan pecahan keramik serta gerabah menguatkan indikasi tersebut.

Sejumlah batu diduga batu candi ditemukan warga setempat tersebar di beberapa titik dusun. Di antaranya ada yang ditemukan di parit tidak jauh dari lokasi ekskavasi Balar.

"Sebelumnya tidak tahu kalaau itu batuan candi, kita baru tahu setelah bapak-bapak dari Balai Arkeologi mengatakan batu-batu itu batuan candi," kata Ketua RT 05, Dusun Balong Bayen, Handoko (43), Selasa (25/9/2018).
Batuan Candi di Kalasan Banyak Tersebar di Pekarangan WargaFoto: Ristu Hanafi/detikcom

Handoko menceritakan awalnya para simbah-simbah di dusunnya hanya menceritakan batu-batu itu sudah ada sejak zaman dahulu. Batuan berbagai bentuk tergeletak di atas permukaan tanah di beberapa titik dusun, ada juga yang berada di dalam parit.

"Ada yang bentuknya kotak, ada bentuk lumpang lesung," jelasnya.

Handoko mengaku warga sejauh ini hanya membiarkan batu itu tergeletak, digeser, atau dipendam. "Batunya kelihatan biasa, tapi keras. Dulu simbah juga berpesan agar tidak pakai batu itu untuk pondasi rumah, tidak tahu apa alasannya, tapi semuanya pada nurut," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Peneliti Pusat Kerajaan Mataram Kuno dan Kawasan Lereng Timur Merapi Balai Arkeologi DIY, Baskoro Daru Cahyono mengatakan beberapa batu di Dusun Balong Bayen memang diduga batuan candi. Namun pihaknya masih akan meneliti lebih jauh batuan itu dari abad berapa.

"Warga sudah lama menemukan batu-batu itu, sebelum kita meneliti awal di tahun 2009. Batu-batu itu menguatkan hipotesis kita lokasi ini (Dusun Balong Bayen) diduga merupakan pusat Kerajaan Mataram Kuno," imbuhnya.




Tonton juga 'Spot Foto Hits di Kawasan Candi Gedong Songo':

[Gambas:Video 20detik]

(bgs/bgs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT