DetikNews
Senin 24 September 2018, 15:40 WIB

Syarat Mendaftar CPNS di DIY Minimal Punya IPK 2,85

Edzan Raharjo - detikNews
Syarat Mendaftar CPNS di DIY Minimal Punya IPK 2,85 Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Formasi CPNS untuk seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini sebanyak 3.132 formasi. Untuk mendaftar sebagai CPNS di DIY harus memenuhi syarat IPK minimal yang ditetapkan.

Selain itu, untuk formasi tertentu akan ada tambahan soal Keistimewaan DIY. Ini akan dilakukan setelah CPNS lolos tes agar tidak salah penempatan.

Sekda DIY, Gatot Saptadi mengatakan selain IPK minimal yang harus dipenuhi pendaftar, CPNS nantinya juga akan mendapat tes tambahan tentang keistimewaan DIY. Untuk IPK minimal telah disepakati baik untuk CPNS di Pemda DIY, Kota/ Kabupaten di DIY.

"IPK (minimal) 2,85. Kita sepakat sama semua (kabupaten/kota)," kata Gatot Saptadi di kantor Gubernur DIY, Senin (23/9/2018).

Untuk formasi tertentu nantinya akan ada tentang konten keistimewaan DIY. Seperti tentang kearifan lokal di DIY, pertanahan di DIY, atau kebudayaan di DIY.

Hal ini agar tidak terjadi salah penempatan seseorang. Namun Gatot belum bisa menjelaskan secara detil karena masih harus dikonsultasikan dengan pemerintah pusat terlebih dahulu.

"Untuk formasi tertentu. Tidak semua, harus tahu masalah konten keistimewaan, nanti ujug-ujug (tiba-tiba) ada yang tidak tahu sama sekali tentang Yogya, sayang to," ungkap Gatot.

Mengenai bentuk tes apakah wawancara atau yang lain, dia menjelaskan hasil itu masih dikonsultasikan dulu dengan pusat. Konten keistimewaan bukan untuk menggugurkan peserta tetapi untuk melihat bakat sesorang. Hal itu bertujuan jangan sampai menempatkan seseorang yang tidak paham sama sekali.

"Tes ini bisa juga dilakukan setelah lulus ujian CPNS baru kemudian akan dilakukan training khusus," katanya

Perlu diketahui untuk formasi di seluruh Provinsi DIY, diantaranya yang dibutuhkan adalah tenag guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.




Tonton juga 'Tolak Tes CPNS Umum, Tenaga Honorer K2 Gelar Aksi Cap Jari Darah':

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed