DetikNews
Kamis 20 September 2018, 18:14 WIB

Rayuan Gubernur Ganjar Pada Mbah Kusnari Agar Mau Pindah Rumah

Wikha Setiawan - detikNews
Rayuan Gubernur Ganjar Pada Mbah Kusnari Agar Mau Pindah Rumah Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jepara - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan diri mengunjungi Mbah Kusnari, seorang nenek yang hidup sebatang kara di lorong antara dua rumah warga saat di Kabupaten Jepara.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu, sebelumnya menghadiri kegiatan Gelar Budaya di Desa Kendengsidialit, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara.

Mbah Kusnari saat ini sudah berusia sekitar 80 tahun. Dia hidup sendirian di lorong dua rumah yang hanya beratap talang dan triplek di bagian depannya.

Setelah salaman, Ganjar pun langsung masuk dan berbincang dengan Mbah Kusnari. Ganjar Pranowo memasuki kediamannya yang hanya berukuran 1,5 x 4 meter.

"Pindah mawon ten panti nggih mbah, ten mriki kan peteng, mboten wonten lampune, nak udan yo bocor (pindah ke panti saja ya Mbah, di sini kan gelap, tidak ada lampunya, kalau hujan juga bocor)," kata Ganjar kepada Mbah Kusnari, Kamis (20/9/2018).

Namun yang ditawari hanya diam sambil menggelengkan kepala. Penolakan tersebut disambut sorak dan tawa dari warga, setelah tahu jawaban apa yang diberikan Mbah Kusnari.

Tidak mau putus asa, Ganjar terus mendesak agar Kusnari bertempat tingga di tempat yang layak.

"Misalnya tak damelke kamar ten ngajeng pripun," tanya Ganjar.

Kusnari memang sudah merasa nyaman dengan tempat tinggalnya tersebut. Sebelum tinggal di situ, Kusnari tinggal di desa Paren, Welahan Jepara.

Murdiyanto (30) salah satu keponakan Kusnari mengatakan bibinya telah 20 tahun tinggal di tempat itu dan tidak mau dipindah.

"Karena beliau tinggal di situ sendiri. Suami sudah meninggal, anak juga tidak ada," katanya.

Ganjar menambahkan bahwa timnya akan segera turun untuk mempersiapkan renovasi tempat tinggal Mbah Kusnari. Namun Ganjar mengajukan syarat yakni meminta supaya pembangunan dilakukan gotong royong.

"Direwangi nggih. Disengkuyung bareng (dibantu ya, diatasi bersama)," pungkas Ganjar.




Tonton juga 'Baru Dilantik, Ganjar Siap Cuti Demi Kampanyekan Jokowi-Ma'ruf':

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed