DetikNews
Rabu 19 September 2018, 14:26 WIB

Awasi Masa Kampanye Pilpres, Polda DIY Bentuk Satgas Cyber Patrol

Ristu Hanafi - detikNews
Awasi Masa Kampanye Pilpres, Polda DIY Bentuk Satgas Cyber Patrol Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo
Sleman - Polda DIY membentuk Satgas Cyber Patrol yang bertugas mengawasi postingan di media sosial selama masa kampanye Pilpres 2019. Tim khusus tersebut bertugas memantau emantau akun-akun yang sengaja menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian.

"Satgas cyber, patroli dunia maya, kita bentuk tim khusus yang setiap saat mengamati perkembangan di dunia maya, di internet. Jika ada postingan hoax atau hate speech, kita bertindak," kata Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri, usai gelar pasukan Ops Mantab Brata Progo 2018, di Kompleks Lanud Adisutjipto, Rabu (19/9/2018).

Dalam pengamanan tahapan Pilpres 2019, Dofiri juga menyebutkan jajarannya mengerahkan kekuatan menyesuaikan tahapan dan kondisi di lapangan.

"Kampanye mulai 23 September 2018-13 April 2019, ada saat-saat kritis tentunya, sehingga pengerahan pasukan sesuai tahapan. Misalnya pada saat tahap kampanye, dikerahkan sekitar 1/4 kekuatan, minggu tenang 1/5 kekuatan, pemilihan 2/3 kekuatan, dan penghitungan 1/3 kekuatan," jelasnya.


Dofiri juga mengungkapkan telah memetakan potensi kerawanan selama tahapan Pilpres 2019. Seperti potensi di tahap kampanye, pengerahan massa, dan lalu lintas. "Potensi bentrok kita antisipasi, di Yogya pengalaman yang sudah-sudah memang (bentrok) itu ada, tapi semoga kali ini tidak seperti yang sebelum-sebelumnya," ujarnya.

Dalam gelar pasukan ini, diperagakan simulasi penanganan gangguan masa Pilpres oleh jajaran Polda DIY. Pengamanan nanti Polda DIY bakal diback up jajaran Korem 072/Pamungkan sebanyak 350 prajurit TNI.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed