DetikNews
Selasa 18 September 2018, 15:30 WIB

Catat! Akhir Pekan Ini Ada Festival Bregada Nusantara di Yogya

Ristu Hanafi - detikNews
Catat! Akhir Pekan Ini Ada Festival Bregada Nusantara di Yogya Salah satu model kostum Festival Bregada Nusantara (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta - Bingung akhir pekan ini mau liburan ke mana? Yuk pergi ke Jalan Malioboro, Yogyakarta, karena akan ada Festival Bregada Nusantara (FBN) 2018 yang digelar oleh Keluarga Besar Alumni (KBA) SMA Negeri 3 Yogyakarta (Padmanaba).

"Acara ini merupakan festival dan lomba kreasi kostum dan gerak Prajurit Keraton Nusantara," kata Ketua Umum KBA Padmanaba, Hendri Saparini, Selasa (18/9/2018).

Selain ajang festival dan lomba, FBN ini juga bertujuan mengenalkan bregada kepada siswa SMA/SMK sederajat se-DIY serta membuat event unik untuk menarik wisatawan domestik maupun asing ke Yogyakarta.

"Kita ingin mendorong siswa SMA untuk cinta dan ikut melestarikan budaya bangsa dengan mengasah inovasi dan kreativitas di bidang gerak dan tata busana," jelas Hendri yang kini menjabat Komisaris Utama PT Telkom Indonesia itu.


Bertema 'Nyawiji Nguri-uri Makmuring Negeri', Padmanaba FBN 2018 digelar Minggu (23/8/2018) pukul 07.00 WIB. Peserta menampilkan perpaduan seni, gerak prajurit keraton dan kreasi kostum dengan menempuh rute Taman Parkir Abu Bakar Ali-Malioboro-Benteng Vredeburg.

Sedangkan kategori perlombaan terdiri dari Siswa Madya (pelajar SMA/SMK sederajat se-DIY), Pelajar Nusantara yakni pelajar/mahasiswa daerah dari seluruh Indonesia diwakili Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia (IKPMD) atau dikirim langsung dari daerah masing-masing, dan Bregada Alumni (peserta adalah alumni Padmanaba dalam kelompok angkatan/kompartemen).

Ketua Umum Padmanaba FBN 2018 Ema Widiastuti menambahkan, dipilihnya festival bregada karena Bregada salah satu ikon Keraton Yogyakarta, yakni prajurit memakai pakaian berwarna-warni, kaya akan corak, serta filosofi di balik setiap desain dan detailnya.

"Padmanaba ingin mewadahi kreativitas generasi muda berkaitan dengan baris-berbaris dan tata busana, juga mengadaptasi dan melestarikan Bregada sebagai bagian dari budaya Jawa untuk diteruskan ke generasi muda. Tradisi Keraton Yogyakarta harus dilestarikan terutama untuk anak muda milenial. Jangan sampai mereka lupa akan akar budayanya," ujar Ema.

Selain itu, dalam FBN nanti akan ada atraksi ekshibisi dan diklaim baru pertama kali di dunia. "Kami hadirkan Bregada Drone untuk memberikan keunikan dari Padmanaba FBN 2018. Memadukan teknologi modern memakai drone dengan kesenian tradisional," jelas Ema.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed