DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 14:58 WIB

Risdiyanto Gadungan di Bantul Tetap Kukuh Mengaku Anggota KPK

Usman Hadi - detikNews
Risdiyanto Gadungan di Bantul Tetap Kukuh Mengaku Anggota KPK Risdiyanto dan lencana andalannya (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Bantul - Risdiyanto, gadungan yang mengaku sebagai anggota yng ditangkap di Bantul, tetap kukuh menyebut dirinya anggota KPK resmi. Dia berdalih memiliki SK pengangkatan sebagai penindak di lembaga antirasuah tersebut.

"Saya kemarin daftar, (SK pengangkatannya) dari KPK sendiri," kata Risdiyanto di hadapan Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan dalam jumpa pers di Mapolres Bantul, Rabu (15/8/2018).


Berbekal SK pengangkatan dan lencana KPK itu, lanjut Risdiyanto, dia mendatangi kelompok ternak bermasalah di wilayah Bantul. Lalu, dia meminta sejumlah uang untuk menutup kasus penyelewengan di kelompok ternak tersebut.

Kapolres Bantul, AKBP Sahat M Hasibuan, membenarkan Risdiyanto kukuh menyebut dirinya sebagai penindak dari KPK ketika diperiksa oleh penyidik. Namun polisi tidak begitu saja percaya, dan yakin dia adalah anggota KPK palsu alias gadungan.


"Yang jelas saya sudah koordinasi dengan Dirkrimsus Polda DIY, karena beliau juga mantan pegawai KPK. Makanya kita dalami, karena dia tetap mengaku sebagai anggota KPK. Apakah dia benar-benar anggota KPK atau bukan," ucapnya.

"Memang ada ID Card-nya. Nanti kita koordinasi, ini (ID Card) kemungkinan besar palsu. Tapi yang jelas kita akan dalami terus," pungkas Sahat.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed