DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 06:59 WIB

Kirab Obor Asian Games akan Dimulai dari Keraton Yogya Pagi Ini

Edzan Raharjo - detikNews
Kirab Obor Asian Games akan Dimulai dari Keraton Yogya Pagi Ini Suasana Pagelaran Keraton Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Obor Asian Games 2018 siap dikirab pagi ini. Api dari India dan Mrapen, Grobogan yang sudah disatukan ini dikirab mulai dari Pagelaran Keraton Yogyakarta.

Masyarakat terlihat sudah berkumpul di depan Pagelaran Keraton untuk melihat jalannya kirab api Obor Asian Games tersebut. Kirab dijadwalkan mulai pukul 7.00 WIB.

"Mau lihat kirabnya, ini langka bersejarah, belum pernah di sini," kata warga Sri Astuti (64) di Keraton Yogyakarta, Kamis (19/7/2018).

Warga bahkan sudah berada di lokasi sejak pagi. Selain warga, anak-anak sekolah juga berkumpul dengan membawa bendera untuk menyambut kirab.

Warga Yogyakarta antusias menyaksikan Obor Asian Games. Warga Yogyakarta antusias menyaksikan Obor Asian Games. Foto: Edzan Raharjo/detikcom


Api obor Asian Games ini sebelumnya diinapkan di pagelaran Kraton selama semalam. Api ini merupakan hasil pengawinan api dari India dan api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Rute kirab di Yogyakarta dimulai dari Pagelaran Keraton-Titik Nol Kilometer ke arah barat-PKU Muhammadiyah ke utara-Jalan Bhayangkara-Pasar Kembang ke timur ke Teteg Malioboro. Dari Teteg kemudian masuk ke Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan ke selatan-Pojok Beteng Wetan-Pojok Beteng Kulon ke arah utara-Ngabean-Ngampilan ke arah barat-Samsat-perempatan Pingit-Tugu.

Di Tugu Yogyakarta, api akan dilepas oleh Wali Kota Yogyakarta dan diserahkan ke INASGOC untuk dibawa ke Solo.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed