DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 15:35 WIB

Polda DIY Kerahkan 1.500 Personel Amankan Kirab Obor Asian Games

Ristu Hanafi - detikNews
Polda DIY Kerahkan 1.500 Personel Amankan Kirab Obor Asian Games Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tempat pertama kirab obor api Asian Games 2018. Selama rangkaian kegiatan kirab api Asian Games yang dijadwalkan berlangsung 17-19 Juli tersebut, Polda DIY mengerahkan 1.500 personel untuk pengamanan.

"Kita siapkan 1.500 personel polisi untuk pengamanan kirab obor api Asian Games 2018 di DIY," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto saat ditemui di Mapolda DIY Jalan Padjajaran Ringroad Utara, Sleman, Senin (16/7/2018).

Berdasarkan jadwal sementara, api obor Asian Games tiba di Yogyakarta Selasa (17/7) besok pagi di Lanud Adisutjipto. Api tersebut diterbangkan dari New Delhi, India dan sudah diberangkatkan pada 15 Juli kemarin.

Setiba di Lanud Adisutjipto, api diinapkan di Museum Dirgantara TNI AU. Hari kedua atau Rabu (18/7) pagi, api dari India itu dibawa ke Candi Boko di Kecamatan Prambanan, Sleman. Kemudian sore harinya dibawa ke Candi Prambanan untuk dikawinkan dengan api abadi yang diambil dari Mrapen, Jawa Tengah.

"Sesuai rencana, acara di Candi Prambanan akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla," terang Yuliyanto.

Di hari ketiga atau Kamis (19/7) pagi, api dibawa dan dikirab melewati sejumlah ruas jalan protokol di Kota Yogya. Setelah rangkaian acara selesai, api itu kemudian dibawa ke Jawa Tengah dan berkeliling ke sejumlah daerah di Indonesia.

Selain mengerahkan ribuan personel, Yuliyanto menyebutkan Polda juga membentuk Satgas Kejahatan Jalanan. Satgas itu bertugas menindak kejahatan jalanan yang berpotensi mengganggu rangkaian kirab api Asian Games.

"Satgas akan bertugas selama 3 hari selama api Asian Games berada di DIY," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed