Tukang Rongsok di Purworejo Temukan Mortir

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 05 Jul 2018 17:33 WIB
Foto: dok Polsek Purworejo/detikcom
Purworejo - Sebuah benda yang diduga mortir peninggalan jaman Belanda ditemukan oleh tukang rongsok di Purworejo, Jawa Tengah. Namun belum diketahui apakah mortir tersebut masih aktif atau tidak.

Mortir tersebut ditemukan oleh Pujianto (35) warga RT 01/ RW 02, Desa Pacekelan, Kecamatan Purworejo yang sehari-harinya mencari rongsokan barang bekas. Mortir itu ditemukan di pinggir jalan dekat area persawahan Desa Jurangkah, Kecamatan Bagelen.

Temuan itu oleh Pujianto kemudian dibawa ke rumahnya. Benda membahayakan itu ditaruh di gudang tempat penyimpangan barang bekas. Mortir saat ditemukan juga sudah dalam kondisi berkarat semuanya.

"Kami dapat laporan dari kepala desa Pacekelan kalau salah satu warganya menemukan benda yang diduga mortir, setelah kami cek memang betul bahwa benda tersebut adalah sebuah mortir," ungkap Kapolsek Purworejo, AKP Markotib ketika dihubungi detikcom, Kamis (5/7/2018).

Petugas yang datang kemudian langsung memasang garis polisi dan mengimbau warga untuk menjauh dari lokasi. Mortir kemudian dievakuasi oleh petugas dengan cara dilakban dan dimasukkan ke dalam ember berisi pasir yang diberi air kemudian ditutup dengan kain basah.

"Posisi mortir tadi masih di gudang rongsok rumah pak Pujianto tersebut, kemudian kami amankan," lanjutnya.

Mortir dengan panjang 50 cm, diameter 20 cm dan berat 25 kg itu diduga merupakan peninggalan zaman Belanda. Setelah dievakuasi, benda tersebut kemudian diamankan ke Polres Purworejo dan rencananya akan dibawa oleh tim Jihandak Polda Jateng untuk dimusnahkan.

"Diperkirakan peninggalan jaman Belanda, setelah diamankan di Polres rencananya mortir akan dibawa tim Jihandak dari Polda Jateng untuk didisposal," pungkasnya. (bgs/bgs)