Pilgub Jateng 2018

Partisipasi Warga Jepara di Pilgub 61,5%, Naik 16,7% dari 2013

Wikha Setiawan - detikNews
Senin, 02 Jul 2018 11:03 WIB
Komisioner KPU Jepara, Ketua Divisi Perencanaan dan Data, Anik Sholihatun. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Komisioner KPU Jepara, Ketua Divisi Perencanaan dan Data, Anik Sholihatun. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jepara - Angka partisipasi warga Jepara dalam Pilgub Jateng 2018 diketahui dari hasil hitung sementara suara di KPU capai 61,50 persen. Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten ini mencapai 846.212 orang.

Angka ini masih jauh dari target partisipasi nasional yakni 77 persen.

Komisioner KPU Jepara, Ketua Divisi Perencanaan dan Data, Anik Sholihatun menuturkan bahwa angka tersebut diketahui dari hasil hitung sementara yang dilakukan oleh KPU.

"Kami baru akan melakukan rekapitulasi secara resmi rencananya tanggal 4 Juli besok. Untuk hasil hitung sementara angka partisipasi masyarakat mencapai 61,50 persen. Memang jauh dari target nasional yang 77 persen. Tapi angka tersebut memggembirakan dibanding pelaksanaan Pilgub sebelumnya," ujarnya saat dimintai konfirmasi detikcom di kantor KPU Kabupaten Jepara, Jalan Yos Sudarso No 22 Jobokuto, Jepara Kota, Senin (2/7/2018).

Dia mengungkapkan angka partisipasi warga Jepara di Pilgub Jateng 2013 hanya 44,8 persan. Bahkan saat Pilgub Jateng 2008 hanya 43,7 persen.


Peningkatan angka partisipasi masyarakat tersebut, lanjut Anik, lantaran keberhasilan sosialisasi dan informasi dari semua elemen yang terlibat dalam Pilgub Jateng kali ini. Yakni Penyelenggara, Tim Paslon, Parpol, dan Pemda.

"Itu juga karena tingkat kesadaran politik masyarakat. Faktor lain karena figur calon itu sendiri," paparnya.


Tonton juga 'Sudirman Said: Timses Saya Ditodong Pistol':

[Gambas:Video 20detik]


Anik juga menegaskan bahwa angka partisipasi masyarakat tersebut sekaligus menepis anggapan negatif terhadap pemilih di Kabupaten Jepara.

"Persentase partisipasi ini sekaligus menepis pesimisme publik bahwa masyarakat pemilih kita pragmatis dan tidak mau nyoblos jika tak ada amplop, itu tidak benar. Pilgub jateng ini buktinya," ujarnya.

Sementara dari hasil penghitungan suara secara cepat di KPU Jepara menunjukkan paslon nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul dari Sudirman Said-Ida Fauziyah. Ganjar-Yasin memperoleh 71,46 persen, sedangkan Sudirman-Ida 28,54 persen.

"Dari hitung sementara di KPU Ganjar-Yasin dapat 71,46 persen dengan 353.575 suara dan Sudirman-Ida dapat 28,54 persen atau 143.188 suara," ujarnya.

"Ini nanti baru akan direkap secara resmi tanggal 4 Juli nanti," lanjut Anik.

Secara umum, pelaksanaan Pilgub Jateng di Kabupaten Jepara diklaim berlangsung aman dan lancar. Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Jepara, Arifin mengaku sejauh ini pihaknya masih belum menerima laporan berkait pelanggaran.

"Belum ada laporan yang kami terima. Sejauh ini aman dan semoga aman," jawabnya saat dimintai konfirmasi oleh wartawan lewat telepon.


Partisipasi Warga Jepara di Pilgub 61,5%, Naik 16,7% dari 2013
(sip/sip)