DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 12:53 WIB

Antrean Membludak, Ribuan Warga Banjarnegara Belum Rekam e-KTP

Uje Hartono - detikNews
Antrean Membludak, Ribuan Warga Banjarnegara Belum Rekam e-KTP Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Satu minggu pasca Lebaran, kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banjarnegara dipadati ratusan warga. Bahkan antrean membludak sampai di luar kantor Dindukcapil sejak pagi hingga siang hari.

Sebagian besar warga yang mengurus e-KTP ini adalah perantauan yang berada di luar daerah. Salah satunya adalah Witarti (38) warga Kecamatan Wanadadi. Ia rela mengantre lama lantaran Jumat (22/6/2018) sore sudah harus berangkat bekerja di Pekanbaru.

"Saya tadi berangkat jam 06.30 WIB agar bisa cepat. Karena nanti sore saya harus berangkat berkerja lagi," ujarnya di kantor Dindukcapil Banjarnegara, Jumat (22/6/2018).

Untuk mengurai panjangnya antrean, petugas Dindukcapil membagi antrean menjadi dua kelompk. Yakni pemohon eKTP dan urusan adminitrasi lain, seperti akta kelahiran atau KK.
Antrean warga urus administrasi di Disdukcapil BanjarnegaraAntrean warga urus administrasi di Disdukcapil Banjarnegara Foto: Uje Hartono/detikcom

"Hari ini memang paling banyak setelah lebaran. Kami sebenarnya sudah mulai buka sejak Senin (18/6/2018) lalu. Tetapi mungkin saat itu warga masih merayakan hari raya lebaran," ujar kepala Dindukcapil Banjarnegara Imam Kusharto.

Saat ini, masih ada 40 ribu warga Banjarnegara yang belum melakukan perekaman eKTP. Menurutnya, hal ini lantaran banyak warga yang merantau di luar daerah.

"Di Kabupaten Banjarnegara ada sekitar 40 ribu yang belum melakukan perekaman. Kami sudah menyurati, melalui bupati kepada camat kemudian kepada desa agar memberitahukan kepada yang bersangkutan," terangnya.

Selain itu, banyak juga warga yang baru memasuki usia wajib eKTP atau karena baru memasuki usia 17 tahun. Warga yang belum melakukan perekaman diminta untuk datang ke kantor kecamatan masing-masing untuk melakukan perekaman.

"Baru nanti untuk pengambilan di kantor Dindukcapil Banjarnegara. Tetapi dari kantor kecamatan langsung diberi surat keterangan atau Suket," kata dia.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed