DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 11:28 WIB

Jelang Pilkada, Ada 5.000 Pemilih di Brebes Belum Rekam e-KTP

Imam Suripto - detikNews
Jelang Pilkada, Ada 5.000 Pemilih di Brebes Belum Rekam e-KTP Antrean warga mengurus e-KTP di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak Rabu (27/6), masih ada 5.000 lebih calon pemilih di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang belum melakukan perekaman e-KTP. Mereka pun berbondong-bondong datang ke kantor kecamatan untuk mengurusnya.

Pantauan pada Jumat (22/6/2018), sejumlah kantor kecamatan ramai didatangi warga. Mereka datang untuk melakukan perekaman KTP elektronik agar bisa memberikan suaranya di TPS pada pilgub mendatang.

Di kantor Kecamatan Brebes misalnya, sejak Jumat pagi sudah didatangi warga. Mereka kebanyakan adalah calon pemilih yang belum memiliki KTP elektronik.

Camat Brebes, Eko Purwanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya peningkatan jumlah warga yang akan rekam KTP. Jika hari biasa, warga yang rekam KTP sekitar 130 orang, namun saat ini meningkat 160 perhari.

"Mulai meningkat sejak beberapa hari lalu sebelum lebaran dan sampai sekarang makin banyak yang datang. Kebanyakan mereka adalah calon pemilih yang belum punya KTP. Selain itu juga ada warga yang menyempatkan libur lebaran untuk merekam KTP," ujar Eko Purwanto.

Disdukcapil Brebes, Asmuni menambahkan sebelum lebaran terpantau ada 7000 calon pemilih yang belum punya KTP elektronik. Namun hingga Jumat ini jumlahnya makin berkurang.

"Diprediksi hingga hari ini (Jumat) tinggal 5000 yang belum ber KTP elektronik. Mudah-mudahan hingga hari H sudah terekam semua," ungkap Asmuni.

Menurutnya, sisa waktu lima hari jelang pemungutan suara 27 Juli, pihaknya terus menyosialisasikan kepada warga agar memanfaatkan sisa waktu untuk rekam KTP. Disdukcapil melalui tiap kecamatan juga akan tetap buka hingga hari pencoblosan. Hanya saja batas akhirnya sampai jam 12.00 WIB agar bisa ikut memilih.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed