Sudirman Said Sebut 4,3 Juta Petani di Jateng Berjuang Sendirian

Sukma Indah Permana - detikNews
Kamis, 21 Jun 2018 21:20 WIB
Sudirman Said-ida Fauziyah saat debat Cagub Jateng. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Cagub Jateng Sudirman Said menyebut ada 4,3 juta petani di Jawa Tengah masih berjuang sendirian. Menurutnya, tak ada gunanya demokrasi jika masih banyak petani, nelayan dan guru honorer yang tak sejahtera.

"Bagi kami, demokrasi bukan tujuan tapi alat, sarana untuk menciptakan keadilan sosial dan menumbuhkan kesejahteraan. Maka dari itu, demokrasi tidak ada gunanya demokrasi di Jawa Tengah jika 4,3 juta petani masih dibiarkan bertarung sendirian dengan hidupnya," ujar Sudirman Said dalam acara Debat Cagub Jateng di Hotel Patra, Semarang, Kamis (21/6/2018).

"Tidak ada gunanya apabila 230 nelayan berjuang sendiri memperoleh hak melautnya dengan tenang," lanjutnya.


Sudirman juga menyebutkan tak ada gunanya demokrasi di Jateng jika masih ada 200 ribu lebih guru honorer yang dibiarkan hidup menderita dengan penghasilan minim.


"Karena itu, demokrasi harus diterjemahkan dalam program-program konkrit untuk menyejahterakan masyarakat Jawa Tengah," ujar Sudirman.

Untuk itu, lanjut Sudirman, ada 22 janji kerja yang sudah disusunnya dengan 3 pesan utama. Terdiri dari mengurai kemiskinan dari 12 persen menjadi 6 persen, menciptakan 5 juta lapangan kerja dan menciptakan pemerintah bersih bebas korupsi. (sip/bgs)