DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 20:47 WIB

H-2 Lebaran, 4,6 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
H-2 Lebaran, 4,6 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Sleman Foto: ilustrasi mudik naik motor
Sleman - Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman memprediksi 4,6 juta kendaraan masuk wilayah Sleman selama arus mudik dan libur Lebaran 2018. Prediksi jumlah tersebut meningkat dibandingkan 2 tahun terakhir.

"Kami prediksi 4,6 juta kendaraan melintasi wilayah Sleman. Naik 3 persen dibandingkan tahun 2017 sebanyak 4,2 juta kendaraan," kata Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Mardiyana kepada wartawan, Rabu (13/6/2018).

Rinciannya, kendaraan roda dua diperkirakan naik 2 persen dibandingkan tahun lalu. Dari 2,6 juta menjadi 2,7 juta di tahun ini. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dari 1,5 juta unit menjadi 1,6 juta unit atau naik 4 persen.

Sedangkan pada tahun 2016, jumlah kendaraan roda dua yang melintasi Sleman saat mudik Lebaran sebanyak 1,4 juta unit, kemudian kendaraan roda empat 2,5 juta.

Mardiyana menyebut jumlah kendaraan pemudik masuk Sleman diprediksi meningkat karena faktor geografis Sleman berada di utara DIY yang dilintasi sejumlah jalur utama nasional dan provinsi.

"Sleman menjadi pintu gerbang bagi pemudik dan wisatawan yang akan datang ke DIY maupun Sleman sendiri. Baik dari Solo, Magelang, dan Purworejo itu melalui Sleman semua," jelasnya.

Dinas Perhubungan juga telah memetakan enam jalur rawan macet saat mudik dan libur Lebaran. Yakni simpang empat Tempel, jalan Magelang sisi utara fly over Jombor, jalan Wates km 5 Pasar Gamping, jalan ringroad utara simpang empat Kentungan, simpang tiga Maguwoharjo dan simpang tiga Bandara Adisutjipto, serta jalur kawasan Candi Prambanan.

"Kami bersama kepolisian sudah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan. Nanti situasional melihat kondisi di lapangan," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sleman, Sapto Winarno, mengatakan ada tiga jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat mudik Lebaran ini.

Tiga jalur alternatif yang disiapkan yakni Jalan Wates-Tempel melalui Tempel, Balangan-Moyudan hingga tembus di Jalan Wates. Kemudian jalur alternatif Prambanan-Tempel melalui Prambanan, Proliman-Kalasan-Ngemplak; Simpang Tiga Besi, Pakem, Pulowatu, Turi; Simpang Empat Turi, Sedogan, dan Tempel.

Serta jalur alternatif Prambanan-Gading yakni melalui Kecamatan Prambanan hingga tembus di Desa Gading, Kecamatan Playen, Gunungkidul. "Seluruh jalur alternatif dalam kondisi relatif baik untuk dilalui," ujarnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed