DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 21:53 WIB

Waspada! Ada Festival Tong Tong Klek, Lalin di Rembang Padat

Arif Syaefudin - detikNews
Waspada! Ada Festival Tong Tong Klek, Lalin di Rembang Padat Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Festival tahunan Tong Tong Klek di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah digelar malam ini. Akibatnya arus lalu-lintas di sekitar jalur Pantura Kota Rembang menjadi padat.

Festival Tong Tong Klek digelar dengan kirab mulai dari perempatan Jaeni Kecamatan Kota Rembang, dan finish di kompleks Gedung Haji. Jalanan yang digunakan rute kirab merupakan jalur utama penghubung Kabupaten Rembang dengan Kabupaten Blora.

Kasatlantas Polres Rembang AKP, Roy Irawan saat dikonfirmasi detikcom menjelaskan untuk meminimalkan dampak kemacetan khususnya bagi para pemudik, pihaknya telah menerapkan rekayasa arus lalu lintas khusus malam ini.


"Untuk pengalihan arus melihat situasi. Pengalihan arus hanya di Jalan Kartini, Bundaran Adipura sampai Desa Ngotet, jalur yang dilalui kegiatan Tong Tong Klek," paparnya melalui sambungan telepon, Selasa (12/6/18) malam.

Ia menjelaskan, bagi pemudik yang jurusan Semarang-Blora bisa mengambil jalur belok dari Pantura ke pertigaan Pentungan ke arah selatan hingga keluar di persimpangan Galonan, Ngotet. Maupun dari arah sebaliknya.

Sedangkan dari arah Surabaya-Blora pengalihan jalur diterapkan mulai dari jalur Pantura belok ke arah selatan di pertigaan Soklin hingga keluar di persimpangan Galonan, Ngotet, dan arah sebaliknya.


"Untuk arus Semarang-Surabaya atau sebaliknya tetap melintas di jalur Pantura seperti biasa. Kalaupun ada ketersendatan, tetap akan kami pantau, dan petugas sudah kamis ebar di setiap titik persimpangan," jelasnya.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, kelumpuhan arus lalu lintas kerap terjadi selama festival berlangsung di kawasan kota Rembang. Mulai pukul 21.00 WIB hingga tengah malam.

"Kami usahakan pantura lancar, bagi pemudik justru festival ini bisa jadi hiburan tambahan, sekaligus waktu sejenak berisitriahat bagi yang kebetulan lewat di Rembang," pungkasnya.

Sedangkan berdasarkan pantauan sejak pukul 17.00 WIB arus lalu lintas sudah mulai mengalami kepadatan. Hingga pada pukul 19.55 WIB kendaraan mulai mengular di kawasan Jalan dr Soetomo dan Jalan dr Wahidin.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed