detikNews
Rabu 06 Juni 2018, 15:39 WIB

Puncak Arus Mudik di Terminal Giwangan Yogya Jatuh di H-2 Lebaran

Usman Hadi - detikNews
Puncak Arus Mudik di Terminal Giwangan Yogya Jatuh di H-2 Lebaran Petugas memeriksa kendaraan di Terminal Giwangan Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta -

Puncak arus mudik di Terminal Giwangan Kota Yogyakarta diprediksi jatuh di H-2 lebaran atau jatuh pada tanggal 13 Juni mendatang. Diprediksi sekitar 20 ribu penumpang akan memadati terminal tipe A di Yogyakarta ini.

"Kalau prediksi puncak mudik kami ada di H-2, dan prediksi sekitar 20 ribu penumpang dengan jumlah armada sekitar 1.900," jelas Kepala UPT Terminal Giwangan, Bekti Yunanta kepada wartawan di terminal, Rabu (6/6/2018).

Sementara untuk arus balik, lanjut Bekti, diprediksi puncaknya akan berlangsung pada H+4 lebaran. Kini pihaknya sedang bersiap untuk menyambut para penumpang yang singgah di Terminal Giwangan.

Bekti menjelaskan, untuk mengangkut para penumpang pihaknya telah menyiapkan 1.740 bus reguler yang tiap hari beroperasi. Jumlah tersebut belum ditambah tambahan ekstra lebaran sebanyak 868 kendaraan.

"Selanjutnya di tahun ini kami ada mudik gratis dari kemenhub dengan tujuan Terminal Giwangan sebanyak 50 unit bus, dengan mengangkut penumpang sekitar 2025 dan lima truk untuk mengangkut sekitar 300 sepeda motor," katanya.

"Sedangkan dari Jasa Raharja kami juga ada mudik gratis dengan 23 bus tujuan Terminal Giwangan. Terus dari Provinsi Jawa Barat kami juga tahun ini ada mudik dan balik gratis sebanyak 50 unit bus," lanjutnya.

Terminal Giwangan, lanjut Bekti, juga akan dilengkapi posko. Posko gabungan dari sejumlah instalasi tersebut akan beroperasi pada tanggal 7 Juni sampai 24 Juni 2018 atau H+8 lebaran.

"Posko gabungan tersebut terdiri dari pada kami, BPTD wilayah 10 Jateng-DIY Kemenhub, ada dari kepolisian, dari TNI, Satlinmas, dari Jasa Raharja, dinas kesehatan maupun dari Pramuka," tutupnya.


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com