DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 21:23 WIB

Pemkab Blora Sita Ratusan Bungkus Rokok Ilegal

Arif Syaefudin - detikNews
Pemkab Blora Sita Ratusan Bungkus Rokok Ilegal Rokok ilegal sitaan di Blora (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Blora - Pemkab Blora menyita sejumlah ratusan bungkus rokok ilegal berbagai jenis dalam razia di kios dan warung-warung di sejumlah desa. Meskipun ilegal namun produk tersebut dijual secara terbuka dan terang-terangan.

Razia dilakukan oleh Dinas Perdagangan Koperasi (Dindagkop dan UKM) Kabupaten Blora. Kabid Perdagangan Dindagkop dan UKM Kabupaten Blora, Jasmadi, memaparkan rata-rata rokok tersebut tak bercukai dan dijual murah di warung-warung pinggiran dan warung kopi.

"Biasanya mereka juga menjualnya secara terang-terangan. Selain warung, juga ditemukan di kios dan pasar. Hanya saja mereka lebih tertutup dan tidak jual terang-terangan. Mereka baru mengeluarkan saat ada pembeli," paparnya, Jum'at (25/5/2018).

Rokok ilegal itu tidak ada yang diproduksi di Blora namun didatangkan dari daerah sekitar Blora, bahkan juga dari Jawa Timur.

"Kalau rokok yang kami amankan ini bukan kami sita, tapi ini istilahnya kami beli. Terhadap para penjual kami beri pembinaan agar tidak lagi memperjual belikan rokok ilegal lagi," imbuhnya.

Rokok-rokok tersebut selanjutnya akan diambil sampelnya untuk uji kadar tar dan nikotin barang rokok ilegal di Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Solo.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed