DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 15:00 WIB

10 Makam Hilang karena Hanyut Diterjang Ombak Besar di Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
10 Makam Hilang karena Hanyut Diterjang Ombak Besar di Rembang Lokasi pemakaman yang berada dekat dengan bibir pantai di Rembang. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Sebanyak 10 makam yang berada di Desa Karangharjo Kecamatan Kragan, Rembang hilang karena hanyut diterjang ombak besar. Sebab, lokasi makam tepat berada di bibir pantai.

Sukadi warga setempat mengakui terjangan ombak besar di wilayah tersebut memang kerap terjadi. Namun, yang paling parah seminggu terakhir hingga menyebabkan sekitar 10 makam hanyut.

Untuk meredam ombak, warga setempat berinisiatif untuk memasang bambu dan karung berisi pasir guna memecah ombak.

"Yang posisinya sebelah utara ini yang tergerus terlebih dahulu. Ini kalau dilihat, masih ada nisannya satu, tapi nisan pasangannya sudah hilang. Ini saja airnya sudah sampai melewati pagar,' katanya saat ditemui, Kamis (24/5/18).

Berdasarkan pantauan di lapangan, ada sejumlah makam yang kini posisinya terancam. Beberapa makam, bahkan saat ini nisannya digantikan dengan batu agar tak mudah tergerus air jika dibanding dengan nisan berbahan kayu.

Warga lainnya, Sardi mengaku khawatir makam orang tuanya yang berada di kompleks makam tersebut beberapa tahun lagi bisa hilang. Meskipun, posisi makam orang tuanya berada di tengah makam berjarak sekitar 10 meter dari air laut.

"Dulu ini tanah sampai jauh ke sana, tapi sekarang saja tinggal 10 meter dengan deburan air itu. ya saya berdoanya agar ada solusi pembuatan talud. Bagaimana pun juga ini kan makam pendahulu kami, sehingga juga kami yang masih hidup inginnya selalu merawatnya," jelasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed