DetikNews
Rabu 09 Mei 2018, 13:03 WIB

Ketika 2.018 Bungkus Mides Disantap Bersama Ribuan Warga di Bantul

Usman Hadi - detikNews
Ketika 2.018 Bungkus Mides Disantap Bersama Ribuan Warga di Bantul Menyantap Mides khas Pundong, Bantul. Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Sebanyak 2018 bungkus Mides khas Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, dibagikan gratis kepada ribuan warga yang hadir di Festival Mides hari ini. Seperti apa suasananya?

Pantauan detikcom, sejumlah warga mulai memadati tempat pelaksanaan Festival Mides 2018 di Rumah Produksi Mides Pundong sejak pagi. Mereka tampak sabar menunggu, meski Festival Mides dimulai siang hari.

Penantian warga terbayar lunas, saat sejumlah petugas membagikan ribuan mides terbungkus daun pisang. Kemudian mereka bersama-sama menikmati Mides di lokasi festival.

Ketua Pelaksana festival mides 2018, Suyamto (52) menjelaskan, sebenarnya festival ini digelar bersamaan dengan Pundong Ekspo yang dilaksanakan tiga hari ke depan. Namun khusus festival mides hanya dilaksanakan hari ini.

"Jadi dalam festival mides kali ini kami membagikan 2018 bungkus mides secara gratis kepada masyarakat," kata Suyamto kepada wartawan disela Festival Mides 2018 di Rumah Produksi Mides Pundong, Rabu (9/5/2018) siang.

Suyamto menjelaskan, tujuan diadakan festival ini yakni untuk mempromosikan mides khas Pundong kepada masyarakat luar. Apalagi mides merupakan produk makanan unggulan warga Pundong dari bahan singkong.

Menyantap Mides khas Pundong, Bantul.Menyantap Mides khas Pundong, Bantul. Foto: Usman Hadi/detikcom

"Harapan kami pangsa pasar mides meluas. Tidak hanya dipasarkan di Bantul saja, tapi juga di wilayah DIY dan nasional. Apalagi kan mides ini produk makanan unggulan, bahan dasarnya dari pati dan tidak memakai zat kimia," ucapnya.

Menurutnya, berbagai inovasi sudah dilakukan warga Pundong untuk memperluas pangsa pasar mides. Salah satunya, warga mulai mencoba membuat mides instan. Harapannya produk mides bisa semakin tersebar luas di pasaran.

Menyantap Mides khas Pundong, Bantul.Menyantap Mides khas Pundong, Bantul. Foto: Usman Hadi/detikcom

Seorang warga, Dwi Bowo Gunawanto (53) menambahkan, mides merupakan makanan khas Pundong yang diwariskan turun temurun. Oleh sebab itu, hampir semua warga Pundong paham dan bisa membuat mides.

"Mides itu kan olahan dari singkong. Cara buatnya singkong dikupas kemudian digiling. Hasil gilingan mides diperas diambil sari patinya. Pati itu oleh warga diolah menjadi mi pedes terus disebut mides," lanjutnya.

Menyantap Mides khas Pundong, Bantul.Menyantap Mides khas Pundong, Bantul. Foto: Usman Hadi/detikcom

Sementara seorang warga Panjangrejo, Pundong, Suharti (55) mengaku senang dengan diadakannya Festival Mides 2018. Sebab, selama ini festival serupa belum pernah digelar. Dia berharap setelah ini mides semakin dikenal.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed