Di Jawa Tengah Ada 2.000-an Tenaga Kerja Asing

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 01 Mei 2018 12:04 WIB
Foto: Eko Susanto/detikcom
Salatiga - Jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di wilayah Jawa Tengah ada sekitar 2.000-an. Mereka bekerja di berbagai sektor yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Sekitar 2.000-an tersebar di 35 kabupaten/kota. Tentu di posisi-posisi sebagaimana yang sudah ditentukan pemerintah kita. Tentu ini, kita awasi terus," kata Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko kepada wartawan di sela-sela peringatan May Day Tahun 2018 di Kota Salatiga, Selasa (1/5/2018).

Lebih lanjut soal keberadaan TKA lanjut Heru, secara normatif peraturan perundangannya sudah diperkuat dan terus diperkuat serta sudah berjalan dengan baik.

"Khususnya di Jawa Tengah, mudah-mudahan kalaupun ada masalah cepet kita antisipasi, kita atasi ya dan kita komunikasikan," katanya.
semaran

Dalam kesempatan tersebut, Heru juga meminta, bahwa May Day bukan bulan dimana menjadi momentum berseberangan antara buruh dengan pengusaha.

"Malah harus sebaliknya tingkatkan kerja sama antara keduanya dan pemerintah. Sumber Daya Manusia (SDM) kita itu keterampilannya relatif sehingga menjadi tugas bersama pengusaha dan pemerintah untuk meningkatkan skill para pekerja. Pengusaha tidak mungkin membiayai peningkatan SDM tersebut, maka pemerintah membantu dengan memberikan pelatihan baik secara formal dan nonformal," ujarnya.
semarang

Sementara itu, Wali Kota Salatiga Yulianto menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh pekerja di Salatiga yang telah membantu pengusaha dan pemerintah dalam membangun kota.

"Terima kasih, hari ini bapak ibu semua mau demo. Demonya, demo senam, jalan sehat, bagi-bagi doorprize. Selamat memperingati May Day Tahun 2018, semoga bapak-ibu dan para buruh semua semakin sejahtera," katanya. (bgs/bgs)