DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 13:03 WIB

Titik Kecelakaan Maut di Brebes Dinilai Butuh Jalur Penyelamat

Imam Suripto - detikNews
Titik Kecelakaan Maut di Brebes Dinilai Butuh Jalur Penyelamat Lokasi kecelakaan saat olah TKP, Brebes, Rabu (21/3). Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Kecelakaan di jalur utama Tegal-Purwokerto di Brebes menewaskan 6 orang, Selasa (20/3). Lokasi ini dinilai rawan kecelakaan dan membutuhkan jalur penyelamat.

"Sudah sering sekali terjadi kecelakaan di daerah ini. Karena jalan yang memiliki kemiringan curam. Saya mohon ibu Bupati Brebes untuk membuat atau mengusulkan kepada pemerintah pusat supaya segera dibangun jalur penyelamatan. Sehingga kalau ada kendaraan yang lepas kendali akibat rem blong bisa dibuang ke jalur itu," kata Mujiono kepada Bupati Brebes Idza Priyanti yang saat itu mendatangi rumahnya di Desa Paguyangan, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Kamis (22/3/2018).

Mujiono merupakan kakak korban tewas, Agus Triyono.


Kepada Bupati, Mujiono menjelaskan, ruas jalan di wilayah selatan Kabupaten Brebes kondisi jalannya curam. Ditambah lagi jika kendaraan mengalami rem blong seperti truk yang kecelakaan dan menewaskan kerabatnya dua hari lalu.

Lokasi kecelakaan di Brebes saat olah TKP, Rabu (21/3). Lokasi kecelakaan di Brebes saat olah TKP, Rabu (21/3). Foto: Imam Suripto/detikcom

"Sebagai keluarga korban, tolong pemerintah memperhatikan jalan Paguyangan Bumiayu. Dengan kecuraman jalan seperti itu tolong kasih jalan darurat untuk penyelamatan. Agar tidak terjadi kecelakaan seperti kemarin. Saya mohon ini kecelakaan yang terakhir," pintanya.

Lokasi kecelakaan di Brebes saat olah TKP, Rabu (21/3). Lokasi kecelakaan di Brebes saat olah TKP, Rabu (21/3). Foto: Imam Suripto/detikcom

Bupati Brebes, Idza Priyanti menanggapi dengan berjanji akan memperhatikan usulan tersebut. Dia akan mengusulkan kepada Menteri PUPR agar dibangun jalur penyelamatan.


Selain itu dia juga akan mengusulkan ke pemerintah pusta untuk mengurangi kecuraman ruas jalan ini.

"Karena ini jalan nasional maka kewenangan ada di pusat. Tapi Pemkab akan mengusulkan kepada Menteri PUPR supaya dibuat jalur penyelamat dan kemiringan dilandaikan," tutur Idza.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed