DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 17:38 WIB

Ini Dia Lavica, Si Penawar Rindu bagi Penghuni Rutan Wonosobo

Uje Hartono - detikNews
Ini Dia Lavica, Si Penawar Rindu bagi Penghuni Rutan Wonosobo Layanan video call (Lavica) di Rutan Wonosobo. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Wonosobo - Rasa rindu yang dirasakan warga binaan di Rutan Wonosobo kini bisa sedikit terobati dengan adanya layanan video call (Lavica). Tanpa harus dikunjungi langsung, pada saat jam kunjung warga binaan bisa berkomunikasi dengan keluarganya yang berada di rumah.

Kepala Kanwail Kemenkumham Jawa Tengah, Ibnu Chuldun, mengatakan layanan video call bagi warga binaan baru ada di Rutan Wonosobo. Layanan tersebut diberikan kepada warga binaan untuk bisa menatap keluarganya di rumah tanpa harus dibesuk langsung.

"Layanan video call ini tidak harus meminta warga binaan untuk dibesuk keluarganya, tetapi bisa menatap muka keluarganya, anak dan istrinya di rumah," ujarnya di Rutan Wonosobo, Senin (12/3/2018).

Ia menegaskan layanan video call untuk warga binaan ini tidak dipungut biaya. Sebab, dalam menggunakannya, layanan video call yang baru beroperasi sejak Maret 2018 ini menggunakan wifi.

"Adanya layanan ini memudahkan warga binaan, dan penggunaan layanan ini gratis," tegasnya.

Baca juga: Tahanan Rutan Wonosobo Bisa Nikmati Layanan Video Call Bulan Depan

Bagian pelayanan di Rutan Wonosobo, Slamet Widodo Suprapwanto, menambahkan hingga saat ini baru ada satu layanan video call di Rutan Wonosobo. Layanan ini digunakan pada saat waktu kunjungan.

"Dalam satu minggu ada lima hari kunjungan. Yakni Senin dan Rabu untuk napi, Selasa dan Kamis untuk tahanan serta hari Sabtu untuk keduanya," terangnya.

Adapun penggunaanya, layanan video call ini akan dibatasi jika banyak warga binaan yang akan menggunakan. Mengingat keterbatasan alat untuk video call tersebut.

"Selama ini yang sering menggunakan adalah warga binaan yang rumahnya jauh dan jarang dikunjungi. Tetapi kalau banyak yang akan menggunakan tentu waktunya dibatasi," jelasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed