Korban Tanah Longsor di Wonosobo Ditemukan Tewas

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 28 Feb 2018 17:41 WIB
Proses evakuasi jasad korban longsor di Wonosobo. Foto: Dok Polres Wonosobo
Wonosobo - Korban tanah longsor di Desa Reco Kecamatan Kertek, Wonosobo akhirnya ditemukan, Rabu siang ini pukul 14.30 WIB. Korban Nugroho Haryanto (25) ditemukan kondisi sudah tidak bernyawa.

Kasat Sabhara AKP Agus Priyono, saat memimpin tim SAR Polres Wonosobo mengatakan, korban tertimbun tanah longsor saat beristirahat di bawah pohon bambu. Proses pencarian sempat terhenti karena hujan deras.

"Kalau hujan takutnya ada longsor susulan, sehingga upaya pencarian korban dihentikan. Namun, setelah (hujan) reda pencarian kembali dilakukan dan mendapati korban dalam keadaan sudah tidak bernyawa," terangnya melalui sambungan telepon, Rabu (28/2/2018).


Disampaikan, setelah dievakuasi jenazah korban dibawa ke Puskesmas untuk dibersihkan dan dilakukan pemeriksaan. Saat ini, korban sudah diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

"Setelah diperiksa, kemudian kami serahkan ke pihak keluarga," tuturnya.

Awalnya, kejadian tanah longsor di Desa Reco terjadi saat korban bersama rekannya Arifin tengah beristirahat di bawah rerimbunan pohon bambu setelah bertani sejak pagi. Namun, saat itu ada suara gemuruh dan diikuti tanah longsor yang menimbun korban.

"Rekan korban langsung lari ke arah turun begitu mendengar suara gemuruh. Dan korban sebenarnya sudah sempat lari namun tidak dapat menyelamatkan diri dan tertimbun pohon bambu," jelasnya. (sip/sip)