DetikNews
Senin 26 Februari 2018, 11:31 WIB

Tersebar Video Bah di Air Terjun Tawangmangu, Bagaimana Sebenarnya?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Tersebar Video Bah di Air Terjun Tawangmangu, Bagaimana Sebenarnya? Bah di sebuah air terjun yang dikabarkan sebagai Grojogan Sewu. (Foto: tangkapan gambar video warga)
Karanganyar - Air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar, dikabarkan berubah menjadi air bah. Kabar yang dilengkapi video itu tersebar melalui media sosial sejak kemarin. Seperti apa yang terjadi?

Tampak air terjun yang mirip Grojogan Sewu itu warnanya berubah menjadi cokelat. Intensitas air pun lebih besar dibandingkan biasanya, sangat deras dan membahayakan.

Di dalam video, air keruh itu mengalir sangat deras. Tak terlihat ada aktivitas wisatawan di Grojogan Sewu.

Tersebar Video Bah di Air Terjun Tawangmangu, Bagaimana Sebenarnya?Limpahan air bah di sungai. (Foto: tangkapan gambar video warga)

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, memastikan belakangan tidak ada peristiwa semacam itu di Grojogan Sewu.

"Kemarin kami sudah koordinasi dengan pengelola Grojogan Sewu, tidak ada kejadian seperti itu," katanya saat dihubungi detikcom melalui telepon, Senin (26/2/2018).

Riyanto pun mempertanyakan apakah video tersebut benar berada di Tawangmangu. Sebab, selama menjabat sebagai Kapolsek Tawangmangu, dia belum pernah menemui kejadian itu.

"Mungkin dulu ya. Tapi selama 5 tahun di Tawangmangu, saya belum pernah menemui peristiwa itu. Kemarin saya melakukan pengamanan di sana, juga tidak ada penutupan," ujarnya.

Tersebar Video Bah di Air Terjun Tawangmangu, Bagaimana Sebenarnya?Air terjun sangat deras dan keruh. (Foto: tangkapan gambar video warga)

Senada dengan Kapolsek, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Jatmiko, tidak membenarkan adanya kejadian air bah.

"Saya belum lihat videonya. Tapi tidak pernah itu Grojogan Sewu jadi banjir atau air bah," katanya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed