DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 11:08 WIB

Pilgub Jateng 2018

Gusdurian Tegaskan Tidak Dukung Paslon Kepala Daerah

Bagus Kurniawan - detikNews
Gusdurian Tegaskan Tidak Dukung Paslon Kepala Daerah Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Semarang - Beberapa waktu lalu nama Gusdurian sempat dibawa-bawa mendukung salah satu pasangan calon Gubernur di Jawa Tengah. Menanggapi hal itu Gusdurian sendiri menegaskan tidak memberikan dukungan kepada siapapun.

Presidium Gusdurian Jawa Tengah, Yunantyo Adi mengatakan adalah wadah para Gusdurian yang bergerak di ranah kultural dan non politik praktis dengan berlandaskan 9 nilai utama Gusdur.

"Kode etik Gusdurian bahwa tidak boleh terlibat urusan Pilkada dan tidak boleh terlibat dukung-mendukung kaitan Pilkada," kata Yunantyo kepada detikcom lewat telepon, Sabtu (24/2/2018).

Secara resmi Gusdurian mengeluarkan 4 pernyataan menanggapi pencatutan nama Gusdurian dalam pendukung Paslon kepala daerah. Pernyataan yang dikeluarkan yaitu:

1. Gusdurian Jawa Tengah tetap setia di Ranah Kultural dan Non-Politik Praktis.
2. Gusdurian Jawa Tengah tidak terlibat dukung mendukung kandidat manapun.
3. Gusdurian Jawa Tengah mendukung penyelenggaraan pilkada yang tertib, aman, dan harmonis, demi terpilihnya pemimpin yang amanah sesuai pilihan masyarakat di Jawa Tengah
4. Meminta kepada semua pihak yang mencatut Jaringan Gusdurian dalam aktivitas politik praktis untuk mengklarifikasi dan tidak lagi menggunakan nama Jaringan GUSDURian dan simbol-simbolnya dalam kegiatan politik praktis.

Tidak hanya mengeluarkan pernyataan, penggerak Gusdurian juga akan berkumpul hari ini di Purwokerto untuk menyikapi pencatutan nama tersebut.

"Seknas Gusdurian dan Presidium Jawa Tengah rapat bahas itu, bagaimana dengan anggota-anggota yang terlibat politik praktis agar pencatutan-pencatutan itu tidak terjadi," tandas Yunantyo.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed