DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 19:14 WIB

Kementerian BUMN Buka 8 Posko Bantuan Korban Longsor Brebes

Pertiwi - detikNews
Kementerian BUMN Buka 8 Posko Bantuan Korban Longsor Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom
Magelang - Delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka posko untuk distribusi bantuan kepada para korban musibah longsor di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Bantuan tersebut berupa kebutuhan pokok dan bantuan lain yang dibutuhkan korban serta warga masyarakat.

"Posko tersebut juga dipergunakan untuk dapur umum, untuk bantuan bahan pokok (sembako), dan untuk penanganan korban," jelas Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi, Wahyu Kuncoro, di sela mendampingi Menteri BUMN, Rini Soemarmo, saat kunjungan ke sejumlah balai ekonomi desa (balkondes) kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (23/2/2018).

Wahyu mengatakan, penanganan terhadap para korban merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan saat ini.

Terkait dengan lokasi longsor, menurutnya memang wilayah yang rawan. Hutan di lahan produksi Perum Perhutani itu memiliki tegakan di atas 80 persen dan kemiringan 45 derajat.

"Hujan terus menerus yang terjadi selama tiga hari ini mengakibatkan lahan ini tidak bisa menahan dan longsor," ungkap Wahyu.

Staf Khusus III Kementerian BUMN, Wianda Pusponegoro menambahkan, semua bantuan yang diberikan oleh BUMN kepada para korban longsor dikoordinir oleh PT Perkebunan Nusantara VIII.

"Pagi tadi bantuan sudah diserahkan kepada para korban, berupa sembako. Selanjutnya akan dibuat pos-pos untuk distribusi bantuan," jelas Wianda.

Untuk pencarian korban yang belum ditemukan, BUMN menyerahkan sepenuhnya kepada pihak-pihak terkait. Seperti Basarnas, BNPB, TNI, Polri, dan lainnya.

"Kita mensupport dari segi apa yang bisa diberikan langsung ke warga," jelasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed